thumbnail.aspx

Peralatan Pembersih

Peralatan pembersih jika dibagi ke dalam beberapa kelompok, maka terdiri dari peralatan pembersih kelompok sapu dan sikat, peralatan pembersih kelompok penampung dan peralatan pembersih kelompok linen. Apa saja yang termasuk ke dalam peralatan pembersih kelompok linen itu ?

Perlunya memperhatikan efektifitas dan efisiensi tenaga dan biaya dalam bekerja, semua itu tidak terlepas dari peralatan yang dipergunakan. Peralatan manual maupun mesin harganya cukup mahal, sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan peduli dalam menggunakannya serta merawatnya.

Sebelum melakukan pembersihan area umum seorang public area attendant atau yang sering disebut houseman terlebih dahulu harus menguasai jenis-jenis peralatan pembersih. Ini dimaksudkan agar di dalam melakukan pekerjaannya nanti tidak akan mendapat kesulitan.

Di bawah ini ada beberapa jenis peralatan pembersih yang diperguna- kan sebagai pendukung utama pada housekeeping departement pada saat melakukan perawatan dan pembersihan area hotel yang menjadi tanggung jawabnya

Cleaning equipments adalah semua alat pembersih yang fungsi utamanya adalah untuk membersihkan atau menghilangkan noda pada komponen benda datar, komponen benda tegak, komponen benda bertekstur, celah pada suatu benda, dan benda yang bergerak maupun benda yang tidak bergerak.

Peralatan pembersih tenaga mesin/listrik adalah segala peralatan pembersih yang digerakkan dengan memanfaatkan tenaga mesin atau tenaga listrik (machinery and electrical), dengan maksud untuk menghemat waktu dan tenaga serta dalam membantu meningkatkan kualitas dan kecepatan proses pembersihan.

Kelompok alat pembersih manual biasanya lebih sering digunakan untuk menghilangkan sampah, kotoran dan debu.