Peran Konsumen dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Peran Konsumen dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Konsumen dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi

 

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang pasti terjadi di semua Negara. Pada dasarnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan produsen sebagai penghasil, konsumen sebagai pengguna dan distributor sebagai penyalur barang atau jasa.

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi yang berlangsung merupakan upaya manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya. Namun, seperti yang telah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya sangat terbatas.

Inilah yang menjadi masalah ekonomi yang hingga saat ini belum dapat dipecahkan. Dalam melakukan kegiatan ekonomi, seorang produsen dan konsumen memiliki peranan yang vital dalam menjalankan roda perekonomian suatu bangsa.

Seorang produsen tidak akan muncul jika tidak ada konsumen yang akan menggunakan produknya, begitu pula dengan seorang konsumen yang sangat bergantung pada produk yang dihasilkan dari produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itu, kedua elemen dalam ilmu ekonomi ini saling bekerja sama untuk menciptakan sebuah sistem ekonomi yang baik. Mengingat terbatasnya alat pemuas yang ada, maka manusia harus bertindak secara ekonomis.

Dengan kata lain, setiap penggunaan sumber daya alam dan alat pemuas kebutuhan harus dapat dihasilkan kepuasan atau keuntungan yang maksimal bagi pelakunya. Dalam melakukan kegiatan ekonomi, manusia juga harus mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil yang akan dicapai.

Perbandingan tersebut tentunya harus dilakukan secara rasional, sesuai dengan prinsip ekonomi yang berlaku. Prinsip tersebut adalah dengan melakukan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Untuk lebih jelas mengenai peran konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Peran konsumen

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kedua elemen di dalam ekonomi ini akan saling membutuhkan satu sama lainnya. Meskipun demikian, peran konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi tidak bisa digantikan oleh apapun.

Kita sebagai pengguna atau konsumen pasti pernah merasa bingung ketika memilih suatu produk yang akan kita gunakan. Mungkin keinginan kita begitu besar dan sangat beragam, namun itu semua pastinya dibatasi oleh anggaran atau jumlahh uang yang kita miliki.

Oleh karena itu, dengan jumlah uang yang anda miliki, anda harus menentukan pilihan anda secara tepat untuk menentukan barang yang akan anda beli. Oleh karena itulah manusia mengenal suatu skala yang bernama skala prioritas.

Skala ini merupakan perbandingan yang menentukan barang mana yang paling anda butuhkan dan paling penting untuk anda beli. Skala ini pada umumnya sangat membantu anda dalam menghemat anggaran atau pengeluaran anda.

Keaneka ragaman barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen ini sendiri sebenarnya dapat membuat masyarakat semakin selektif dalam memilih produk yang akan ia gunakan. Untuk lebih jelas, bisa dikatakan bahwa konsumen memiliki peran sebagai berikut :

-         Konsumen merupakan pengguna dari barang atau jasa yang dihasilkan dari rumah tangga produsen

-         Konsumen juga merupakan motivator dari kegiatan perusahaan, karena semakin banyak permintaan, maka produsen akan semakin banyak membuat barang atau jasa

-         Konsumen dapat menciptakan efek berantai dalam terciptanya peningkatan GNP suatu Negara.

  • Peran produsen

 

Produsen ini sendiri juga tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi yang berlangsung. pada dasarnya, peranan produsen ini sangatlah besar dalam perekonomian suatu Negara. Peran ini meliputi produsen sebagai penyedia barang atau jasa yang diperlukan oleh konsumen.

Selain itu, ada dua tipe dari produsen, yang pertama adalah yang mementingkan kepentingan masyarakat, yang kedua adalah produsen yang merugikan masyarakat. produsen yang mementingkan kepentingan masyarakat memperhatikan hal-hal :

-         Memperoleh bahan baku secara wajar

-         Memberikan upah yang layak pada pekerjanya

-         Kegiatan produksinya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya

-         Mengutamakan keselamatan karyawan dalam berproduksi

-         Menghasilkan barang yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat

-         Kualitas barang terjamin

-         Harganya juga terjangkau oleh masyarakat luas.

Sedangkan produsen yang merugikan masyarakat akan melakukan hal-hal :

-         Menimbun bahan baku sehingga terjadi kelangkaan

-         Memberikan upah yang rendah dengan alasan efisiensi

-         Kurang memperhatikan keselamatan karyawan

-         Menimbulkan pencemaran

-         Dan lainnya


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
18
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin