Peran Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Penting Dalam Sistem Perekonomian | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Peran Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Penting Dalam Sistem Perekonomian

Peran Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Penting Dalam Sistem Perekonomian

 

Suatu Negara pastinya memiliki sebuah sektor yang bernama sektor ekonomi. Kehidupan manusia memang tidak lagi dapat dipisahkan terhadap perekonomian. Ekonomi ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga atau keluarga dan nomos yang berarti peraturan atau hukum.

Jadi, secara singkat ekonomi bisa dikatakan sebagai hukum yang mengatur rumah tangga. Ekonomi juga merupakan ilmu social yang sudah beredar secara luas, yang mengatur mengenai kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

Ekonomi ini sendiri tidak terlepas dari berbagai masalah. Setidaknya menurut ilmu ekonomi modern, ada 3 permasalahan ekonomi yang paling utama, yaitu apa dan berapa jumlah barang atau jasa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi barang atau jasa tersebut dan untuk siapa barang atau jasa tersebut diproduksi ?

Mungkin pertanyaan tersebut terlihat cukup sederhana, namun kenyataannya pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban yang cukup kompleks dan sampai saat ini masih dinyatakan sebagai permasalahan ekonomi yang utama.

Pada dasarnya, setiap Negara mempunyai caranya masing-masing untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan sistem ekonomi, seperti yang kita ketahui bahwa sistem ekonomi ini sendiri mempunyai 4 jenis.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda, mengapa setiap Negara menggunakan sistem ekonomi yang berbeda-beda ? Hal ini karena setiap Negara mempunyai sumber daya dan ideology yang berbeda-beda pula.

Seperti apakah peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi itu ? Menurut seorang ahli ekonomi, Adam Smith menyatakan bahwa pemerintah hanya mempunyai 3 peranan saja, yaitu memelihara keamanan, menyelenggarakan peradilan, dan menyediakan barang yang tidak bisa dihasilkan oleh sektor swasta.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, permasalahan ekonomi menjadi semakin kompleks, sehingga peran pemerintah juga bertambah. Untuk lebih jelas mengenai peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Peran alokasi

 

Merupakan peranan pemerintah yang sangat dibutuhkan dan penting, terutama dalam hal penyediaan barang-barang yang tidak bisa dihasilkan oleh sektor swasta, yaitu barang umum atau barang publik.

Hal ini karena di dalam sistem perekonomian suatu Negara, sektor swasta tidak mampu menyediakan semua barang melalui sistem pasar. Oleh karena itulah, pemerintah harus bisa menyediakan apa yang disebut sebagai barang publik tersebut.

Jika barang publik tersebut tidak mampu disediakan oleh pemerintah, maka hal itulah yang disebut sebagai kegagalan pasar. Hal ini karena barang tersebut tidak hanya dapat dinikmati atau dinikmati oleh seorang pribadi saja, melainkan dapat dinikmati juga oleh orang lain.

Dengan kata lain, barang tersebut tidak mempunyai sifat pengecualian seperti halnya barang swasta. Contohnya adalah udara bersih, jalan umum, jembatan dan lainnya. Kegiatan alokasi ini sendiri bertujuan utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

  • Peran distribusi

 

Pemerintah juga mempunyai peranan penting untuk mendistribusikan kekayaan dan pendapatan. Peranan yang satu ini memang tidaklah mudah, karena distribusi ini sangat berkaitan dengan masalah keadilan.

Sedangkan keadilan ini sendiri merupakan hal yang kompleks dan relatif yang bisa ditinjau dari berbagai presepsi. Pemerintah juga dapat melakukan distribusi pendapatan masyarakat secara langsung atau tidak langsung.

Secara langsung misalnya dengan menerapkan kebijakan pajak progresif atau membebankan pajak yang lebih besar kepada yang lebih kaya dan yang relatif lebih kecil kepada orang miskin. Selain itu, bisa juga dengan cara melakukan subsidi bagi golongan miskin.

Sedangkan secara tidak langsung adalah melalui kebijakan pengeluaran pemerintah, misalnya pembangunan rumah tipe sederhana atau rumah sangat sederhana yang lebih banyak porsinya dari pada rumah mewah.

  • Peran stabilisasi

 

Merupakan peranan dimana pemerintah menggabungkan kebijakan moneter dan fiscal untuk meningkatkan atau mengurangi besarnya permintaan agregat sehingga dapat menghindari terjadinya inflasi ataupun deflasi.

Namun, tentunya hal ini bukan hal yang mudah, karena pemerintah harus memastikan bagaimana seluruh kebijakan yang ia ambil tidak bertentangan dengan hal lain dan menimbulkan masalah baru. Jika peranan ini tidak dilaksanakan dengan baik, maka akan timbul pengangguran, stagflasi, inflasi, deflasi dan masalah lainnya.

Inilah sekilas mengenai peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi. Semoga dapat bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin