Peranan Lembaga Peradilan Dalam Sistem Hukum | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Peranan Lembaga Peradilan Dalam Sistem Hukum

Peranan Lembaga Peradilan Dalam Sistem Hukum

 

lembaga hukum

Setiap Negara pastinya mempunyai hukum yang berlaku di wilayah tersebut dan mencakup seluruh warga negaranya. Untuk melaksanakan hukum tersebut, dibentuklah berbagai lembaga peradilan yang masing masingnya mempunyai fungsi dan peranan tertentu.

Begitu pula di Indonesia ini. Akan tetapi, sebelum kita mengetahui peranan lembaga peradilan, tentunya kita harus mengetahui apa itu hukum terlebih dahulu. Pada dasarnya, hukum di Indonesia sendiri merupakan campuran dari sistem hukum di Eropa, hukum agama dan hukum adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik pada hukum pidana maupun hukum perdata berbasis pada hukum Eropa, khususnya Belanda.

Hal ini karena pada masa lalunya Indonesia sendiri merupakan wilayah jajahan Belanda dengan sebutan Hindia Belanda. Selain itu, seperti yang telah disebutkan tadi bahwa hukum Indonesia berasal dari hukum agama.

Oleh karena itu, secara singkat bisa kita katakan bahwa hukum adalah sekumpulan peraturan yang berisi perintah dan larangan yang dibuat oleh pihak yang berwenang, sehingga dapat dipaksakan pemberlakuannya yang berfungsi untuk mengatur masyarakat demi terciptanya ketertiban yang disertai dengan sanksi bagi pelanggarnya.

Dari ilustrasi tersebut, tentunya anda telah mengetahui apa itu hukum. Dalam menjalankan hukum ini sendiri, ada beberapa lembaga yang bisa digunakan. Untuk lebih jelas mengenai peranan lembaga peradilan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Mahkamah agung

 

Salah satu lembaha peradilan adalah Mahkamah Agung atau lembaga peradilan yang tertinggi dalam Negara yang dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh pemerintah dan berbagai pengaruh lainnya.

Adapun peranan lembaga peradilan yang satu ini, di antaranya adalah :

-         Melaksanakan tugas sebagai pengadilan Negara tertinggi

-         Sebagai tingkat kasasi tertinggi dan yang terakhir

-         Memutuskan persengketaan antar peradilan di bawahnya tentang wewenang mengadili

-         Melakukan pengawasan tertinggi terhadap peradilan di tingkat di bawahnya

-         Memberikan nasehat hukum kepada presiden untuk memberikan atau menolak grasi dan rehabilitasi

-         Memberikan pertimbangan dalam bidang hukum, baik yang diminta atau tidak kepada lembaga tertinggi Negara lainnya

-         Menguji secara material peraturan perundang undangan

  • Peradilan umum

 

Pada dasarnya, peradilan umum berwenang untuk :

-         Mengadili perkara pidana dan perdata pada tingkat banding

-         Mengadili tingkat pertama dan terakhir atas persengketaan antar peradilan negri tentang kewenangan mengadili

Adapun pengadilan negri yang merupakan organ kekuasaan kehakiman dalam lingkungan peradilan umum yang berkedudukan di ibu kota kabupaten atau kota dan memiliki daerah hukum yang mencakup wilayah kabupaten atau kota tersebut. Pengadilan negri berwenang untuk :

-         Memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata pada tingkat pertama

-         Memberikan keterangan, pertimbangan dan nasehat hukum kepada instansi pemerintah wilayah jika diminta

-         Mengawasi pekerjaan penasehat hukum dan notaries di wilayah hukumnya serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kepada ketua pengadilan negri, ketua MA dan mentri yang tugas dan tanggung jawabnya mencakup jabatan notaris

Adapun pengadilan tinggi yang merupakan organ kekuasaan kehakiman dalam lingkungan peradilan umum yang berkedudukan di ibu kota provinsi dan memiliki daerah hukum yang mencakup wilayah provinsi. Pengadilan tinggi berwenang dalam :

-         Mengadili perkara pidana dan perdata pada tingkat kedua atau tingkat banding

-         Mengadili pada tingkat pertama atau terakhir sengketa kewenangan mengadili antar pengadilan negri di wilayah hukumnya

-         Memberikan keterangan, pertimbangan dan nasehat hukum pada instansi pemerintah wilayahnya jika diminta

-         Melalui ketuanya, wabib mengawasi jalannya peradilan yang dilakukan dengan seksama dan wajar

  • Peradilan agama

 

Merupakan pengadilan yang diperuntukkan bagi orang orang yang beragama Islam. Adapaun peranan lembaga peradilan agama, yaitu :

-         Memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan segala perkara di tingkat pertama antara orang orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, warisan, wasiat, hibah, wakaf. Zakat, infaq, shadaqah dan ekonomi syariah

-         Lembaga ini juga bertugas dan berwenang  untuk mengadili perkara yang menjadi kewenangan pengadilan agama tingkat banding

-         Mengadili di tingkat pertama dan terakhir sengketa antar pengadilan agama di daerah hukumnya.

Inilah sekilas mengenai peranan lembaga peradilan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
3
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin