ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Perangkat Keras (Hardware) Komputer

3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Barinware)

Perangkat Keras (Hardware) Komputer

Istilah hardware atau perangkat keras tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Berbicara mengenai perangkat keras pasti tidak akan terlepas dari sistem komputer. Jadi, apa saja perangkat keras (hardware) komputer itu ?

Sekarang ini hampir disetiap pelosok pedesaan bahkan sampai ke tempat yang terpencilpun masyarakat sudah mengenal komputer. Sekarang ini di daerah-daerahpun sudah banyak masyarakat yang menggunakan Komputer, Laptop dan Notebook.

Akan tetapi, sering kali kita temukan kenyataan bahwa dari sekian banyak penggunanya masih tidak memahami tentang apa yang di maksud Hardware dan Software.

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras ang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).

Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

Pengertian komputer secara sederhana yaitu penggabungan dari alat elektronik yang bekerjasama dengan terkoordinasi oleh kontrol program hasilnya memiliki fungsi dan kemampuan tertentu. Kemampuan dari komputer itu sendiri pada dasarnya adalah mampu menerima data dan setelah itu dapat mengolah data tersebut sedemikian rupa lalu akan dihasilkan informasi sebagai output.

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer yang bisa dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer yang jarang dikenal oleh pengguna umum.


Related For Perangkat Keras (Hardware) Komputer