Peraturan Permainan Bola Tangan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Peraturan Permainan Bola Tangan

Peraturan Permainan Bola Tangan

 

bola-tangan

Pada dasarnya, olahraga bola tangan merupakan salah satu olahraga internasional yang sering dimainkan dalam berbagai kejuaraan. Akan tetapi, permainan yang satu ini mungkin belum terlalu populer di Indonesia.

Sebelum kita membahas peraturan permainan bola tangan, ada baiknya bila kita mengenal apa yang dimaksud dengan bola tangan itu. Bola tangan atau yang dikenal dengan istilah hand ball pada dasarnya merupakan salah satu bentuk olahraga kelompok dimana dalam sebuah tim terdapat 7 pemain yang saling bekerja sama untuk mengalahkan kelompok lainnya.

Dalam pemain tersebut, terdapat 6 orang yang berperan sebagai pemain dan 1 orang yang berperan sebagai kipper. Permainan ini dilakukan dengan cara melemparkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak banyaknya.

Periode standar untuk permainan ini adalah 30 menit. Permainan ini juga memerlukan kontak langsung, dimana defender akan berusaha untuk mencegah serangan dari striker. Kontak yang berasal dari belakang dianggap berbahaya dan akan mendapatkan pinalti.

Elemen tertentu dari permainan ini juga mengingatkan kita pada permainan rugby, misalnya besarnya kekuatan yang digunakan untuk mempertahankan agar penyerang tidak melewati tujuan atau gawang

Terdapat catatan mengenai permaian hand ball pada abad pertengahan di Prancis. Pada abad ke 19 sendiri, ada permainan yang menyerupai hand ball di Denmark, Republik Ceko, Slovania, Urkraina dan Jerman.

Namun, pada dasarnya permainan bola tangan ini dibentuk pada akhir abad ke 19 di Eropa Utara, terutama di Denmark, Jerman, Norwegia dan Swedia. Permainan internasional yang pertama kali dimainkan adalah Jerman dan Belgia pada tahun 1925 (putra) dan Jerman dan Austria pada tahun 1930 untuk tim putri.

Handball Federation sendiri dibentuk pada tahun 1946. Asosiasi ini sendiri pernah mengadakan kejuaraan dunia tingkat putra pada tahun 1938 dan 4 atau 3 tahun setelah perang dunia II sampai dengan tahun 1995.

Sejak olimpiade pada tahun 1995 di Islandia, kompetisi ini telah dimulai setiap dua tahun. Olimpiade putri telah dimulai sejak tahun 1957. Pada juli 2009, telah terdaftar 166 anggota federasi atau 19 juta pemain.

Inilah sekilas mengenai bola tangan. Untuk lebih jelas mengenai peraturan permainan bola tangan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Ringkasan

 

Tujuh pemain dari dua tim akan bermain di lapangan dan mencoba untuk mencetak poin dengan cara menempatkan bola permainan ke dalam tim lawan. Setelah menerima bola, pemain dapat mengoper, menjaga atau bahkan menembak.

Apabila mendapatkan bola, pemain harus menggiring bola yang mirip dengan menggiring basket atau dapat mengambil hingga tiga langkah tanpa melakukan dribbling. Pemain defender juga diperbolehkan untuk menyentuh goal area.

Kipper juga diperolehkan berada di luar daerah goal, namun tidak diperbolehkan untuk memiliki bola dalam melintasi area goal.

  • Lapangan bola tangan

 

Pada dasarnya, olahraga ini dimainkan pada lapangan yang berukuran 40 hingga 20 meter dengan gawang yang berada di setiap akhirnya. Area goal dikelilingi oleh garis setengah lingkaran yang dikenal dengan nama zona atau lipatan.

  • Gawang

 

Setiap gawang pada umumnya memiliki area persegi panjang selebar 3 meter dan setinggi dua meter. Setiap pos pos gawang dan palang harus terbuat dari bahan yang sama, misalnya kayu atau aluminium dan juga memiliki penampang kuadrat dengan sisi 8 cm.

Selain itu, warna dari kedua gawang juga harus sama. Setiap gawang juga harus mempunyai jaring yang diikat sedemikian rupa, sehingga ketika bola dilemparkan tidak akan meninggalkan atau melewati gawang dalam keadaan normal.

  • Durasi permainan

 

Sebuah pertandingan bola tangan standart untuk sebuah tim yang berusia 16 tahun atau lebih tua biasanya dilaksanakan dalam 30 menit dengan 15 menit pada babak pertamanya. Untuk kalangan yang lebih muda, akan berkurang sebanyak 25 menit pada usia 12 sampai 16 dan 20 menit untuk usia 8 sampai 12 tahun.

Apabila berakhir dengan seri, maka ada tambahan waktu sebanyak 2 x 5 menit dengan istirahat 1 menit pada masing masing babak.

Inilah sekilas mengenai peraturan permainan bola tangan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Sep
30
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin