Peraturan Permainan Rounders

roundersrounders

Rounders merupakan salah satu olahraga yang populer dimainkan oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, permainan ini bukan lagi hal yang baru dan asing. Hal ini karena permainan ini merupakan permainan yang wajib dimainkan, khususnya dalam pelajaran penjaskes.

Namun, semua orang bisa secara bebas memainkan permainan ini. untuk memainkan permainan ini, tentunya anda harus mengetahui peraturan permainan rounders terlebih dahulu. Sebelum membahas hal tersebut lebih detail, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai rounders.

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.

Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.

Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.

Untuk lebih jelas mengenai peraturan permainan rounders, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Peraturan rounders

 

Secara singkat, peraturan permainan ini adalah :

–          Permainan dimainkan oleh 2 regu, tiap regu berjumlah 9-12 orang

–          Lama permainan ditentukan oleh “inning” (satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga)

–          Pergantian tempat

–          Terjadi 6x mati

–          Terjadi 5x bola tangkap

Aturan waktu pada Rounders tidak seperti pada Kasti yang menggunakan waktu, di dalam Rounders mereka menggunakan inning untuk menentukannya. Jumlah inning dalam setiap pertandingan antara 3 – 6 inning, dimana 1 inningnya terdiri dari 1 kali jaga dan 1 kali pukul untuk setiap regunya.

  • Wasit

 

Sebagai sebuah permainan yang akan dipertontonkan kepada khalayak, sudah menjadi aturan yang baku untuk mencantumkan wasit sebagai pengadil dilapangan. Adapun beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang wasit dalam permainan ini, yaitu :

–          Wasit berteriak “strike“ jika pukulan benar atau lemparan bowler benar

–          Wasit berteriak “ball“ jika lemparan bowler salah dan atau pemukul tidak memukul

–          Setiap bola dilempar wasit harus selalu berteriak sesuai kriteria diatas

–          Jika sebanyak 5 x bowler melakukan kesalahan pada lemparan atau pemukul tidak memukul atau dengan kata lain terjadi “ ball “, maka wasit berteriak “ free walk “ pada pemukul yang berarti pemukul bebas berjalan pada base pertama

Regu pemukul akan dinyatakan betul apabila melakukan :

–          Bola yang dipukul jatuh, ditangkap, atau mengenai orang yang berada di dalam lapangan antara dua gais salah dan perpanjangannya. Atau dalam sudut antara garis yang menghubungkan base IV dan V dan antarabase I dan base V

–          Jika dalam pukulan yang pertama atau keduapemukul sudah berhasil memukul bola sah maka tidak diperbolehkan melengkapi pukulannya hingga 3 x sehingga pemukul tersebut harus menuju ke base I.

–          Dan pemukul dinyatakan salah dalam pukulannya jika :

–          Pukulan tidak mengenai bola sebanyak 3x sedangkan lemparan dinyatakan “ strike “ oleh wait

–          Bola terpukul tangan

–          Bola melewati ruang bebas

–          Bola jatuh, ditangkap atau mengenai penjaga yang berada di luar garis salah dan perpanjangannya.

–          Tongkat pemukul keluar ( jika pemain membenarkan posisi maka pukulan dinyatakan sah)

Inilah sekilas mengenai peraturan permainan rounders. Semoga bermanfaat

ujian sma