musyawarah_clipart

Perbedaan rapat pemecahan masalah dengan rapat perundingan

Sebagian besar dari anda yang bekerja dalam sebuah instansi atau perusahaan tentunya pernah menghadiri apa yang kita sebut sebagai rapat. Akan tetapi, rapat tersebut terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Tahukah anda apa perbedaan rapat pemecahan masalah dengan rapat perundingan itu ?

Pada dasarnya, perbedaan rapat pemecahan masalah dengan rapat perundingan adalah sebagai berikut :

  • Rapat pemecahan masalah, yaitu rapat yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
  • Rapat perundingan, yaitu rapat yang dilakukan untuk merundingkan suatu perselisihan atau mencari jalan tengah agar tidak merugikan kedua belah pihak.

Rapat berbeda dengan diskusi. Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih. Dimana komunikasi di antara mereka hanya berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Sedangkan seminar merupakan pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. Symposium merupakan pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.

Sementara santiaji adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan. Berbeda pula dengan konferensi yang merupakan pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Adapun istilah diskusi panel yang berarti diskusi yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. Sementara diskusi kelompok adalah penyelesaian masalah dengan melibat kan kelompok-kelompok kecil.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu