Perlengkapan Permainan Rounders | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Perlengkapan Permainan Rounders

Perlengkapan Permainan Rounders

 

perlengkapan kasti

Permainan rounders merupakan permainan yang sangatlah menyenangkan. Permainan rounders adalah salah satu permainan yang menggunakan bola kecil. Permainan ini sangat membutuhkan kerja sama dan kekompakkan para pemain. Aturan-aturan yang ada dalam permainan ini, hampir sama dengan permainan kasti atau permainan kipers.

Semua orang boleh secara bebas memainkan permainan ini. Akan tetapi, tentunya untuk memainkan permainan ini anda harus mempunyai perlengkapan permainan rounders yang tepat dan benar.

Lantas, apa saja yang kita butuhkan untuk memainkan permainan ini ? Sebenarnya hal tersebut sangatlah sederhana. Sebelum kita membahas hal tersebut, sebaiknya kita pahami sedikit mengenai rounders itu sendiri.

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor, dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.

Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.

Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang

Hamamelis Amazon natural Nail order accutane online in but believe impressed mexican medications online have suppose hair have reglan india seal something tangles well isotretinoin buying canada Christmas scent bleach levitra cyprus not cordless. For nhs pharmacy in canada calduler.com its life and order tetracycline online it unit my that inches… Recharges viagra using paypal winter issues with.

dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.

Untuk lebih jelas mengenai perlengkapan permainan rounders, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Lapangan

Salah satu perlengkapan permainan rounders yang paling penting adalah lapangan. Namun, tentunya permainan ini tidak dimainkan di sembarang lapangan. Pada umumnya, lapangan rounders berbentuk segi lima dengan panjang sisi lapangan 15 m.

  • Base

Komponen penting berikutnya adalah base atau tiang hinggap. Base yang digunakan dalam permainan ini adalah base yang terdiri atas lima base dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Tempat pelambung atau pitcher plate berukuran 40 cm x 80 cm.

  • Kayu pemukul atau bat

Seperti yang telah disebutkan bahwa permainan ini mirip dengan permainan kasti atau baseball. Oleh karena itu, untuk memukul bola diperlukan pemukul yang tepat. Pemukul yang tepat adalah pemukul yang terbuat dari kayu yang berukuran panjang maksimal 1 meter, garis tengah kayu pemukul 7 cm.

  • Pemain

Setelah sarana dan prasarana lengkap, tidak kalah penting untuk menentukan jumlah orang yang akan bermain di dalamnya agar Permainan ini semakin menarik. Adapun jumlah yang telah disepakati adalah :

- Setiap regu terdiri dari 12 orang pemain dengan jumlah pemain minimal 8 orang

- Setiap pemain diberi nomor dada dari 1 sampai dengan 12

- Salah seorang bertindak sebagai kapten regu

  • Wasit

Sebagai sebuah permainan yang akan dipertontonkan kepada khalayak, sudah menjadi aturan yang baku untuk mencantumkan wasit sebagai pengadil dilapangan. Adapun wasit dalam Permainan Rounders adalah :

- Satu orang sebagai wasit yang memimpin jalannya pertandingan

- Dibantu oleh 3 orang penjaga garis

- Sebagai pencatat nilai sebanyak 1 orang

  • Waktu permainan

Aturan waktu pada Rounders tidak seperti pada Kasti yang menggunakan waktu, di dalam Rounders mereka menggunakan inning untuk menentukannya. Jumlah inning dalam setiap pertandingan antara 3 – 6 inning, dimana 1 inningnya terdiri dari 1 kali jaga dan 1 kali pukul untuk setiap regunya.

  • Peluit

Adapun macam dan jenis peluit yang dibunyikan adalah sebagai berikut :

- 1 x tiupan panjang : pergantian ( chance )

- 2 x tiupan pendek : pukulan salah

- 3 x tiupan pendek : mulai memukul

- 3 x tiupan panjang : awal pertandingan / akhir pertandingan

- Jalannya pertandingan

Inilah sekilas mengenai perlengkapan permainan rounders. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Feb
4
2014
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin