Permasalahan Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Permasalahan Ekonomi

Permasalahan Ekonomi

 

Ekonomi merupakan hal yang penting bagi kita semua. Mengapa ekonomi begitu penting ? Hal ini karena pada umumnya keadaan ekonomi di suatu Negara sangat mempengaruhi kemakmuran dan kehidupan rakyat banyak.

Pada dasarnya, dari dulu hingga sekarang permasalahan ekonomi merupakan hal yang tidak ada habis habisnya untuk dibahas, mengingat permasalahan ekonomi merupakan hal yang terus berkelanjutan dan tidak pernah terpecahkan.

Mungkin kebanyakan dari kita sudah familier terhadap topik ini, karena topik ini merupakan salah satu bahasan yang paling umum dalam mata pelajaran ekonomi. Memang ada banyak sekali teori yang mencoba untuk mengindentifikasi permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh manusia di muka bumi ini.

Namun, secara umum dapat dikatakan bahwa ada dua teori yang dapat menjelaskan permasalahan ekonomi, yaitu secara klasik dan modern. Keduanya dapat menceritakan permasalahan ekonomi dengan jelas sesuai dengan era masing-masing.

Akan tetapi, pada dasarnya permasalahan ekonomi yang kita hadapi dari dulu sampai sekarang tidaklah berubah. Permasalahan ekonomi tidak hanya terletak pada cara memproduksi saja, melainkan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi, misalnya distribusi atau bahkan juga termasuk konsumsi.

Untuk lebih jelas mengenai permasalahan ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Masalah ekonomi klasik

 

Pada dasarnya, teori ini dilandasi oleh pemikiran Adam Smith, David Ricardo, dan Jhon Stuart Mill yang mendominasi permikiran mengenai ekonomi sampai pada akhir tahun ke 1870an. Teori ini sendiri melihat pentingnya masalah ekonomi sebagai kesatuan dalam proses produksi, distribusi dan konsumsi untuk kesejahteraan.

Meskipun namanya adalah masalah ekonomi yang klasik, namun teori ini tidak melihat berbagai hal melalui satu kacamata saja. Ekonomi klasik ini sendiri dilihat dari sudut pandang yang sederhana dan pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kemakmuran bagi masyarakat luas.

Kemakmuran yang dimaksudkan disini adalah sebuah situasi dimana semua barang dan jasa yang dibutuhkan dan digunakan oleh manusia dapat terpenuhi dan dan tersedia.

  • Masalah produksi

 

Permasalahan di dalam proses produksi adalah bagaimana memproduksi semua barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat banyak itu ?

  • Masalah distribusi

 

Pada umumnya, permasalahan distribusi terletak pada bagaimana agar benda pemuas tersebut bisa sampai ke tangan konsumen yang membutuhkannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa barang dan jasa yang tidak sampai ke tangan konsumen tidak mempunyai nilai guna.

  • Masalah konsumsi

 

Masalah yang terjadi adalah apakah benda pemuas kebutuhan tersebut yang telah diproduksi memang dapat dimiliki oleh konsumen ? Barang atau jasa yang telah diproduksi haruslah barang yang tepat, yaitu barang yang memang dibutuhkan, diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen.

 2.      Masalah ekonomi modern

 

Pada dasarnya, teori ekonomi klasik memang masih banyak dijadikan sebagai pedoman, namuns seiring berjalannya waktu, permasalahan ekonomi mulai mengalami perubahan dan salah satunya adalah kelahiran masalah ekonomi modern.

Sebenarnya, pokok masalah dari ekonomi modern terdapat dalam dua kunci utama, yaitu kelangkaan dan pilihan. Kelangkaan ini sendiri merupakan penyebab munculnya kategori pilihan, sehingga muncul 4 pertanyaan mendasar, yaitu what, how, who dan for whom.

Meskipun setiap masyarakat di berbagai belahan dunia mengalami permasalahan yang sama, namun masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya. Perbedaan inilah yang kemudian menghasilkan sejumlah sistem ekonomi yang kita kenal sekarang ini.

  • What

 

Barang dan jasa apakah yang harus diproduksi dalam jumlah besar ? Selain itu, dari sekian banyak ragam barang dan jasa yang tersedia manusia juga harus memilih mana yang harus diproduksi. Keputusan yang dibuat tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan saja, melainkan mencari keuntungan.

  • How

 

Salah satu permasalahan ekonomi modern sekarang ini adalah bagaimana cara memproduksi barang atau jasa tersebut ? Apakah akan mendatangkan keuntungan yang besar ? Pertanyaan tersebut tentunya harus dipertimbangkan secara bijaksana.

  • Who

 

Memang ada banyak pihak yang melakukan proses produksi, oleh karena itulah pertanyaan yang muncul adalah siapa yang memproduksi barang atau jasa tersebut ?

  • For whom

 

Untuk siapa barang atau jasa tersebut diproduksi ?


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
14
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin