Persamaan Termokimia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Persamaan Termokimia

Persamaan Termokimia

 

Persamaan Termokimia

Bagi anda yang menggemari mata pelajaran seperti kimia, tentunya persamaan termokimia ini bukan lagi hal yang asing bagi anda. akan tetapi, sebenarnya tidak banyak orang yang mengetahui seperti apa itu persamaan termokimia.

Pada umumnya, persamaan termokimia merupakan persamaan yang banyak digunakan dalam ilmu kimia. Ilmu kimia sendiri diartikan sebagai perubahan benda atau zat yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan dan transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang kita temukan sehari hari.

Ilmu ini juga mempelajari mengenai pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia.

Kimia juga sering disebut sebagai ilmu pusat karena menghubungkan beberapa ilmu lainnya seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika dan geologi. Hubungan ini sendiri timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan berbagai konsep dari berbagai disiplin ilmu.

Kimia juga berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Sedangakn kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia yang mengubah satu zat atau lebih menjadi zat lainnya.

Terkadang reaksi ini digerakkan oleh pertimbangan entalpi, seperti ketika dua zat berentalpi tinggi seerpti hydrogen dan oksigen elemental yang bereaksi dan membentuk air. Reaksi kimia juga dapat difasilitasi oleh suatu katalis yang umumnya merupakan zat kimia lain yang terlibat dalam media reaksi tapi tidak dikonsumsi, contohnya adalah asam sulfat yang mengkatalisasi elektrolisis air.

Untuk lebih jelas mengenai persamaan termokimia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Persamaan termokimia

 

Pada dasarnya, persamaan termokimia adalah persamaan reaksi yang mengikut sertakan perubahan entalpinya (DH). Nilai DH yang dituliskan pada persamaan termokimia juga disesuaikan dengan stoikiometri reaksinya.

Dengan kata lain, jumlah mol zat yang terlibat di dalam reaksi kimia sama dengan koefisien reaksinya. Sebagai contoh, pada pembentukan 1 mol air dari gas hydrogen dengan oksigen pada 298 K, akan dilepaskan 1 atm kalor sebesar 285.5 kJ.

Adapun beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menuliskan persamaan termokimia, di antaranya adalah :

-         Koefisien reaksi menunjukkan jumlah mol zat yang terlibat di dalam reaksi

-         Ketika persamaan reaksinya dibalik atau mengubah letak reaktan dengan produknya, maka nilai DH akan tetap sama, tetapi tandanya akan berlawanan

-         Apabila kita menggandakan kedua sisi persamaan termokimia dengan faktor y, maka nilai DH juga harus dikalikan dengan faktor y tersebut

-         Ketika menuliskan persamaan termokimia, fase reaktan dan produknya harus dituliskan

  • Termokimia

 

Termokimia sendiri dapat diartikan sebagai bagian dari ilmu kimia yang secara khusus mempelajari dinamika atau perubahan reaksi kimia dengan mengamati panas atau termalnya saja. salah satu terapan ilmu ini dalam kehidupan sehari hari adalah reaksi kimia di dalam tubuh kita dimana produksi dari berbagai energi yang dibutuhkan atau dikeluarkan untuk semua aktivitas yang kita lakukan.

Pembakaran dari bahan bakar seperti minyak dan batu bara biasanya digunakan dalam pembangkit listrik. Kemudian bensin yang dibakar dalam mobil akan menghasilkan daya yang menyebabkan mobil kita bisa berjalan.

Selain itu, pada kompor gas, berarti kita membakar gas metan yang kemudian akan menghasilkan panas yang kita manfaatkan untuk memasak. Termokimia juga membahas hubungan antara kalor atau panas dengan reaksi kimia atau berbagai prosesnya yang berhubungan dengan reaksi kimia.

Dalam prakteknya, termokimia ini lebih banyak berhubungan dengan pengukuran kalor yang menyertakan kimia atau berbagai proses yang berhubungan dengan pengukuran kalor yang menyertakan kimia atau berbagai proses yang berhubungan dengan perubahan struktur zat, misalnya perubahan wujud atau perubahan struktur kristal.

Oleh karena begitu berguna dalam kehidupan sehari hari, termodinamika ini termasuk ked alma bidang ilmu yang penting.

Inilah sekilas mengenai persamaan termokimia.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jul
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin