usm-stan

Persiapan Dasar USM STAN

Calon peserta USM STAN dari tahun ke tahun kian meningkat sementara jumlah kursi yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Banyak pula yang menyerbu menyiapkan diri untuk proses seleksi yang akan menyisihkan puluhan ribu orang itu. Sebagai salah satu dari calon peserta, tentu anda harus mengetahui persiapan dasar USM STAN.

Yang pertama, anda harus menyiapkan mental anda untuk menyisihkan calon peserta lainnya. Jangan biarkan diri anda terseret dalam hal-hal negatif yang menciutkan nyali anda. Ingatkan diri sendiri bahwa dengan persiapan yang matang anda berhak memiliki satu kursi yang tersedia di sana. Carilah informasi mengenai seluk beluk USM STAN dan tentu akan lebih baik jika informasi tersebut anda dapatkan dari orang-orang yang pernah belajar di sana. Jangan lupa tanyakan apa persiapan dasar USM STAN yang pernah mereka lakukan. Perhatikan tips yang mereka berikan dengan sebaik-baiknya walaupun seringkali tips tersebut terdengar sepele. Misalnya,  ketika pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU) sebaiknya anda menggunakan sepatu. Jika anda termasuk orang yang mudah gugup, belajarlah untuk menetralisirnya mulai dari sekarang. Ketenangan anda saat mengikuti rangkaian ujian baik yang tertulis, tes kebugaran maupun wawancara akan sangat terpengaruhi oleh sikap anda.

Yang kedua, persiapkan ilmu yang anda miliki. Tidak peduli anda tamatan SMA atau SMK atau MA, pelajarilah soal-soal USM STAN dari tahun-tahun sebelumnya dengan tekun. Persiapan dasar USM STAN yang satu ini harus anda perhatikan sebaik-baiknya. Dengan tipe soalnya yang unik, anda sama sekali tidak dituntut untuk berpikir sangat keras. Yang anda butuhkan adalah keterampilan dan kebiasaan. Soal USM STAN dirancang untuk menguji struktur logika berpikir peserta USM STAN. Tetapi jangan terlalu sombong untuk tidak melatih otak anda sebelum ujian ini jika anda tidak ingin menyesal. Beli atau pinjamlah buku kumpulan soal USM STAN dari tahun-tahun sebelumnya. Jika anda masih kesulitan, carilah teman atau pembimbing yang dapat membantu anda untuk memahami soal tersebut. Anda juga bisa memperoleh softwere yang dapat membantu anda untuk berlatih. Selain itu, salah satu bentuk USM STAN adalah tes IQ. Mulailah berlatih untuk menjawab soal-soal tes IQ yang bisa anda temukan dengan mudah di toko buku ataupun dunia maya. Terapkan juga strategi manajemen waktu karena waktu yang tersedia tentu sangat terbatas. Jangan terlalu ceroboh untuk mempertaruhkan nilai anda dengan asal menjawab soal yang tidak anda ketahui jawabannya dengan pasti. Sebaiknya anda juga tidak menjadi penasaran dengan soal-soal sulit yang memancing anda berdiam terlalu lama disoal tersebut. Bobot setiap soal adalah sama dan anda harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Yang ketiga adalah kelengkapan. Jika anda termasuk orang yang ceroboh, maka cobalah untuk benar-benar mengingat atau membuat daftar hal-hal yang harus anda kerjakan yang terkait dengan USM STAN ini. Jangan biarkan persiapan dasar USM STAN yang telah anda lakukan menjadi sia-sia karena lupa memasukkan pas foto atau kehilangan bukti pembayaran. Penuhi juga segala ketentuan tertulis yang telah dipublikasikan. Selain itu, perbarui terus informasi terkait USM STAN.

Yang terakhir adalah persiapan fisik. Setelah bersusah payah memenuhi segala persyaratan awal saat pendaftaran dan mempersiapkan untuk ujian tertulis yang menguras otak, jangan abaikan kesehatan anda. Salah satu dari rangkaian tes adalah tes kebugaran dan tes tersebut tentu menguras tenaga. Mulailah membiasakan diri untuk lari pagi kurang lebih 5 menit setiap hari. Hal ini akan membantu melatih pernapasan anda agar lebih stabil.

Jika seluruh persiapan dasar USM STAN ini telah anda pelajari dengan baik, maka mulailah mempraktikkannya. Langkah kecil yang anda mulai hari ini akan menentukan langkah besar anda dikemudian hari. Sekali lagi, apabila rasa bosan mulai menyerang maka ingat saja ribuan pendaftar lain yang sudah terlebih dahulu bergiat untuk mempersiapkan diri demi USM STAN ini. penuhi pikiran anda dengan rencana terstruktur yang berujung pada hasil akhir yang anda impikan: lulus USM STAN! semoga sukses.