ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Persiapan Penting Sebelum USM STAN

November 9, 2015 | Sekolah Kedinasan, SNMPTN

images

Persiapan Penting Sebelum USM STAN

                Kamu salah satu dari ratusan ribu orang yang tertarik untuk masuk STAN? Ya, STAN memang selalu menarik perhatian orang-orang di seantero Indonesia setiap tahun. Tetapi bukan berarti kamu harus merasa tidak percaya diri untuk menjadi mahasiswa 1 persen itu, lho. Berikut penulis bagikan beberapa hal terkait persiapan penting sebelum USM STAN.

                Pertama-tama kamu harus benar-benar mencari tahu apa yang kamu inginkan. Maksudnya? Kamu harus benar-benar yakin dengan diri sendiri. Singkatnya, tentukan pilihanmu dari sekarang terkait dengan apa yang kamu pilih. Tahun 2013, ada sekitar 117 ribuan calon pendaftar sementara kursi yang tersedia hanya ssekitar 3 ribu kursi. Persaingannya ketat sekali bukan? Jadi jangan sampai ketika kamu telah sukses lulus USM STAN, kamu justru merasa ‘salah langkah’.

                Jika kamu sudah benar-benar yakin, maka persiapkan dirimu untuk mengahadapi rangkaian USM STAN. mulailah belajar. Jika kamu merasa berat untuk mengikuti bimbingan belajar intensif, maka kamu bisa mempelajari buku kumpulan soal USM STAN dari tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu menghafal soal-soal tersebut. Ulangi saja membaca soal-soal itu sekitar 3 kali agar kamu terbiasa dan bisa mengerti maksud dari pertanyaan tersebut. Kamu juga harus meningkatkan  kemampuan bahasa inggrismu. Soal bahasa inggris USM STAN kurang lebih setipe dengan soal TOEFL. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas untuk hal ini. kamu bisa mendapatkan contoh soal-soal tersebut di internet.

                Kamu juga harus mengumpulkan beberapa referensi tentang istilah terkait teknik yang bisa kamu gunakan untuk lulus dalam USM STAN. di USM STAN berlaku nilai mati. Artinya untuk bisa lulus dari nilai gugur, kamu harus bisa menjawab soal dengan status ‘pasti’ benar setidaknya 1/3 dari jumlah soal di setiap bidang tes. Karena ada dua tes dalam USM STAN, kamu harus bisa menjawab dengan benar untuk 1/3 dari total soal USM STAN untuk TPA dan 1/3 total soal USM STAN untuk bidang bahasa inggris. Jika ada salah satu yang dibawah 1/3, kamu dipastikan tidak akan lulus walaupun dibidang lainnya kamu mempunyai nilai 100 % benar. Nah, kamu tidak perlu takut untuk bagian ini. beberapa orang yang sudah sangat familiar dengan USM STAN menyarankan untuk mengisi jawaban dengan ‘intuisi’-mu jika kamu benar-benar sudah merasa berada di titik nadir. Karena kamu berpeluang untuk menambah nilai dengan sistem plus minus yang dipakai dalam USM STAN ini. Tapi ingat, ini hanya akan menyelamatkanmu dari nilai mati. Ingatlah kembali bahwa orang yang lulus dari USM STAN adalah mereka yang lulus dengan nilai tertinggi (jika ada 3 ribu kuota, maka hanya 3 ribu orang dengan nilai tertinggi lah yang akan terpilih).

                Persiapan penting sebelum USM STAN selanjutnya adalah keperluan untuk di hari H. Ada baiknya kamu mempersiapkan perlengkapan ujian jauh-jauh hari. Jangan lupa juga untuk membawa Bukti Peserta Ujian yang kamu dapat saat verifikasi berkas. Nah, mungkin akan lebih baik lagi juga jika kamu berlatih untuk menghitamkan lembar jawaban komputer. Kenapa? Karena untuk menghitamkan lembar jawaban tersebut juga membutuhkan waktu yang lumayan menyita jatah waktumu yang hanya 150 menit.

                Persiapan penting sebelum USM STAN selanjutnya adalah menyiapkan berbagai berkas yang dipersyaratkan. Yang harus kamu ingat, saat verifikasi berkas, peserta tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Ada lagi pengalaman lucu dari teman saya yang harus rela pulang untuk menjemput sepatu karena ia ‘tanpa ‘sengaja’ tidak sadar bahwa tengah menggunakan sendal saat mengantri untuk verifikasi berkas. Jadi jangan sepelekan hal-hal kecil, ya.

Untuk tahap pertama pendaftaran USM STAN adalah pembayaran pendaftaran ke bank umum yang telah ditunjuk. Yang perlu diingat adalah jangan lupa menyimpan bukti pembayaran sah. Selanjutnya kumpulkan berkas yang telah kamu siapkan untuk memenuhi persyaratan. Lalu selanjutnya adalah verifikasi berkas. Selanjutnya untuk ujian itu sendiri, kamu bisa membawa jam tangan untuk membantumu dalam memanajemen waktu.

Nah, sudah seberapa jauh persiapan penting sebelum USM STAN yang kamu siapkan? Mulailah dari sekarang. Semoga berhasil!


Related For Persiapan Penting Sebelum USM STAN