Pilihan Universitas di Yogyakarta

            Terkenal dengan sebutan Kota Pelajar, tidak heran kalau kota Yogyakarta banyak diminati oleh para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studinya. Tidak hanya Universitas Negeri yang menjadi favorit para calon mahasiswa baru ini, Universitas Swasta juga menjadi tujuan studi lanjut untuk para calon mahasiswa baru. 10% pertambahan mahasiswa baru di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Yogyakarta, dan rata-rata 30% untuk pertambahan Universitas Swasta. Berikut adalah universitas-universitas yang banyak menjadi pilihan studi lanjut para calon mahasiswa baru :

a.     Universitas Negeri
 
Universitas Gadjah Mada (UGM):
Sebagai salah satu universitas negeri tertua di Indonesia, Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana. UGM adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia dan salah satu universitas yang paling diminati setiap tahunnya.
 
Universitas Negeri Yogyakarta (UNJ):
Universita Negeri Yogyakarta menyediakan 6 pilihan fakultas yang terdiri atas MIPA, Teknik, Ilmu Pendidikan, Bhasa dan Seni, Ilmu Sosial dan Ekonomi, dan juga Olahraga.
 
Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta:
Berbeda dengan universitas negeri sebelumnya, universitas yang berdiri pada tahun 1984 ini mengkhususkan pengajarannya pada bidang seni, yaitu seni rupa, seni pertunjukan, dan seni media rekam.
 
b.    Universitas Swasta
 
Univesitas Ahmad Dahlan (UAD):
Universitas swasta yang bernafaskan agama Islam ini mengembangkan studinya dibidang teknologi dan juga bidang sosial. UAD menyediakan 10 fakultas, dan 2 diataranya merupakan fakultas yang tidak biasa ditemui di universitas lain, yaitu Fakultas Agama Islam dan Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
 
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY):
Merupakan universitas swasta yang sebelumnya merupakan cabang Univesitas Atma Jaya Jakarta, saat ini sudah berdiri sendiri.  UAJY menyediakan 4 fakultas program sarjana yaitu Teknik, Ekonomi, Teknologi Industri, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
 
Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY):
Universitas swasta yang menjalankan nilai-nilai agama Islam dalam sistem pengajarannya, menyediakan Fakultas Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, dan Agama.
 
Diatas adalah Universitas negeri maupun beberapa universitas swasta yang diminati oleh para calon mahasiswa baru setiap tahunnya, masih banyak universitas swasta lain seperti UII, UJB, dll yang menjadi pilihan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bukan hanya di Jakarta pendidikan baik dapat diperoleh, tapi di Yogyakarta juga terdapat banyak universitas yang dapat menjamin kualitas hidup yang lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *