ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Pola Perilaku Konsumen dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi

March 18, 2013 | Pembelajaran

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang tidak bisa lagi terlepaskan dalam kehidupan manusia. Setiap harinya, kegiatan ini pasti akan berlangsung karena manusia harus memenuhi kebutuhannya setiap hari untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Namun, meskipun demikian ada beberapa pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi ini sendiri. Para pengamat atau ekonom menyatakan bahwa setiap terjadinya perubahan, baik itu harga atau jenis produk, maka perilaku konsumen akan berubah juga.

Sebelum membahas pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi lebih jauh lagi, setidaknya anda harus memahami apa yang dimaksud dengan konsumsi. Seperti yang sudah sering kita dengarkan, konsumsi pada dasarnya merupakan kegiatan yang berupaya untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna dari suatu barang atau jasa.

Kata konsumsi ini sendiri berasal dari kata consumptio yang berarti menggerogoti sampai habis. Dengan demikian, maka kegiatan makan atau minum dapat dikategorikan sebagai kegiatan konsumsi.

Namun, kegiatan konsumsi ini tidak hanya begitu saja, melainkan berkenaan dengan kebutuhan pakaian, tempat tinggal, transportasi dan banyak lagi. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa kegiatan manusia dalam memanfaatkan barang dan jasa merupakan kegiatan konsumsi.

Akan tetapi, ada hal penting yang harus anda perhatikan dalam konsumsi ini. Tidak semua kegiatan memanfaatkan suatu barang atau jasa dikatakan sebagai konsumsi. Benda-benda yang dikonsumsi adalah benda ekonomi yang dalam memperolehnya dibutuhkan pengorbanan.

Jadi, berbagai kegiatan seperti menghirup udara, berjemur di matahari atau mandi di sungai bukan merupakan kegiatan konsumsi. Untuk lebih jelas mengenai pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Tujuan konsumsi

 

Setiap tindakan yang dilakukan manusia pasti ada sebab ataupun akibatnya. Begitu pula dengan kegiatan konsumsi. Ketika anda sedang makan, minum, berpakaian dan lainnya, tentunya semua hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan fisik secara langsung.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kegiatan konsumsi pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau memperoleh kepuasan. Memang benar bahwa kebutuhan manusia itu semakin hari semakin kompleks.

Selain itu, kebutuhan manusia juga merupakan sesuatu yang tidak terbatas jumlahnya, padahal alat pemuasnya berada dalam jumlah yang terbatas. Terlepas dari itu semua, kehidupan manusia juga tidak bisa terlepas dari kegiatan konsumsi, karena tanpa melakukan kegiatan ini, maka kelangsungan hidup manusia tidak akan berlangsung.

 

Sebagai seorang pengguna atau konsumen, ada beberapa pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap konsumen merupakan manusia yang sangatlah beragam jenisnya.

Setiap konsumen satu dengan lainnya pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda pula. Begitu pula perilaku mereka dalam memenuhi kebutuhannya, pastilah sangat beragam. Namun, di dalam perbedaan-perbedaan tersebut ada satu persamaan yang mereka miliki, yaitu setiap konsumen pastinya berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya dengan cara mengonsumsi suatu barang atau jasa.

Perilaku konsumen ini sendiri menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Selain itu, perilaku konsumen juga berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan dan pembuangan barang dan jasa untuk memenuhi keperluan pribadi.

 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada jaman dulunya segala kebutuhan manusia bisa langsung kita peroleh begitu saja dari alam tanpa harus mengeluarkan pengeluaran yang berarti. Hal tersebut dapat berlangsung karena dulunya jumlah barang yang tersedia jauh lebih banyak dari penduduk pada jaman itu.

Namun, seiring berkembangnya waktu, jumlah penduduk semakin banyak dan kebutuhan manusia juga menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu, diperlukan proses produksi agar barang atau jasa tidak habis.

Perilaku produsen ini sendiri sangat berkaitan dengan jenis produksi yang ia lakukan, misalnya dalam produksi jangka pendek. Tentunya mereka akan memperhatikan sifat faktor produksi yang ia gunakan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut.

Namun, satu hal yang pasti bila suatu produk diminati oleh masyarakat, maka produsen akan memproduksinya dalam jumlah yang terbatas, sehingga harganya akan menjadi mahal.


SELAMAT BAGI KAMU YANG TELAH MELIHAT WEBSITE INI BACA HINGGA AKHIR KARENA INFORMASI INI AKAN MERUBAH HIDUPMU.

“SOLUSI BAGI KAMU LULUSAN SMA DAN INGIN MENDAPATKAN JURUSAN KULIAH YANG BISA LULUS LANGSUNG KERJA DENGAN BIAYA MURAH”

Apakah Kamu Memiliki Masalah?

  • Bingung dengan masa depan?
  • Tidak tau harus kuliah dimana?
  • Kuliah di jurusan apa yang prospek kerjanya bagus?
  • Apakah kuliah yang diikuti memberikan keahlian?
  • Apakah kampus membantu lulusanya untuk mencari pekerjaan?

Tahukah kamu?

Bursa Kerja

Masalah pengangguran di indonesia sangat tinggi, Jumlah pengangguran terdidik terbanyak adalah lulusan perguruan tinggi, yaitu 12,78 persen. Posisi berikutnya disusul lulusan SMA (11,9 persen), SMK (11,87 persen), SMP (7,45 persen) dan SD (3,81 persen).

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/09/12/ma8dl2-kemenpora-pengangguran-terdidik-capai-4781-persen

Orang terdidik bahkan dari Perguruan tinggi favorit pada akhirnya juga banyak yang menjadi pengangguran “karena mereka tidak ada keahlian yang spesifik

“Agar kamu bisa menjadi lulusan perguruan tinggi yang bekerja kamu harus menjadi tenaga kerja yang profesional dan memiliki keahlian sehingga bisa berkarya pada berbagai sektor ekonomi”

Tetapi tidak semua kampus bisa memberikan keahlian..

Sehingga ketika kamu lulus kamu tidak memiliki kemampuan yang bisa bernilai di perusahan perusahan.

Lalu apa yang harus dilakukan Agar tidak Menjadi Pengangguran

Pilih Kampus

YANG MEMBERIKAN KEAHLIAN

Kini telah hadir

Jurusan Analis Efek

SUYONO SALAMUN Ak., MA, MBA, Ph.D

Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara 1997-2008

Program studi analis efek atau pasar modal ini merupakan program studi satu-satunya dan tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya, sehingga tersedianya Sumber Daya Manusia yang profesional dalam bidang Analis Efek atau Pasar Modal pada saat ini masih relatif sedikit dan baru terpenuhi tidak lebih dari lima persen (5%), padahal permintaan pasar dalam hal ini perusahaan terkait untuk SDM tersebut masih sangat besar, dengan demikian, lulusan program studi analis efek atau pasar modal masih mempunyai peluang yang sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Bukti dan data menujukkan bahwa 500 orang lulusan program studi Analis Efek/Pasar Modal Diploma III saja sudah bekerja seratus persen (100%) bahkan yang masih kuliahpun sudah mendapatkan penawaran pekerjaan dari Perusahaan Sekuritas, Perbankan, BUMN, Perusahaan Swasta, Perusahaan Terbuka, Asuransi dan Instansi Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. "

APA ITU PASAR MODAL/ANALIS EFEK?

Tempat Transaksi Jual beli (Bisnis) untuk saham dan obligasi maupun surat-surat berharga lainnya melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) proses penjualan saham dan obligasi melalui perusahaan sekuritas/ perusahaan efek, transaksi  jual beli saham yang tercatat di BEI perhari mencapai  5 sd 6 triliun. Suatu bisnis yang luar biasa yg di indonesia belum banyak SDM yg mengusai transaksi tersebut. BERAPA GAJI LULUSAN SARJANA PASAR MODAL? Untuk yang baru Lulus Sarjana (Fres Graduate) kisaran 5 -6 juta/ perbulan Untuk yang senior mencapai 100 juta/ perbulan. Sumber : investor  delay tgl 3 Mei 2012  

KENAPA PERUSAHAAN  MAU MENERIMA MAHASISWA JUR. ANALIS EFEK ?

  • Jurusan ini masih langka
  • Perusahaan yg membutuhkan jurusan AE sangat banyak
  • Perusahaan yg membutuhkan :
    • Perusahaan  Go Publik (Terbuka)
    • Perusahaan Sekuritas
    • Asuransi
    • Dana Pensiun
    • Lembaga Keuangan

PERUSAHAAN  YANG SUDAH BEKERJASAMA DENGAN KAMPUS ANALIS EFEK :

BAGAIMANA PROPSEK JURUSAN ANALIS EFEK KE DEPAN ?

Menurut Koran Investor delay tgl 3 Mei 2012 kebutuhan  SDM pasar modal yang akan datang  mencapai  2013 lebih dari 38.000 orang, bayangkan kalau setahun di supply SDM  hanya 500 orang, padahal KAMPUS ANALIS EFEK hanya punya sekitar 200 orang lulusan per tahun UNTUK AE, maka lebih dari 20 tahun yang akan datang masih membutuhkan lulusan SDM tersebut.

APA KELEBIHAN JURUSAN ANALIS EFEK DARI PADA KAMPUS LAIN ?

  1. Jurusan masih Langka
  2. Jurusan di butuhkan perusahaan
  3. Jurusan yang tidak jenuh artinya di kampus lain tidak mempunyai jurusan AE

BAGAIMANA PERKEMBANGAN PASAR MODAL DI INDONESIA?

  • Pasar modal adalah investasi, sepanjang masih ada BUMN, perbankan, perusahaan Go Publik bahkan masih ada Negara R.I.  maka pasar modal masih tetap ada, pasar modal sebagai pondosi perekonomian suatu negara. Maka pemerintah membentuk OJK (otoritas jasa keuangan) di kembangkan lebih besar, sebagai regulasi lembaga keuangan, termasuk Pasar Modal.
 
SEBERAPA SULIT PERUSAHAAN MENCARI ORANG YG KOMPETEN DI BIDANG PASAR MODAL? SANGAT SULIT ........ Seorang yg lulus Analis Pasar Modal di wajibkan untuk mendapatkan sertifikasi pasar modal  yang meliputi :
  1. WPPE (wakil perantara pedagang efek)
  2. WPEE (wakil perantara emisi efek)
  3. WMI (Wakil Manajer Investasi)

Inilah menjadi plus dari sarjana pasar modal, krn sertifikasi menjadi ketentuan dari BAPEPAM bagi yang mau bekerja di dunia Pasar Modal, di indonesia orang yang mendapat sertifikasi tersebut sangat minim, nggak usah kwatir bagi mahasiswa AE  untk mendapat sertfifikasi tersebut sangat mudah krn materi kuliah kita, di siapkan untuk ujian sertifikasi tersebut. Karena basic keahlian mahasisa analis efek sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan.

keterbatasan tenaga / sumber daya manusia menyebabkan provesi di pasar modal sangat banyak yang kosong sehingga mereka yang masih mahasiswa pun bisa bekerja

banyak mahasiswa analis efek yang bekerja diperusahan perusahan

Mahasiswa Semester 6 Sudah Bekerja

Mahasiswa Semester 4 Sudah Bekerja

Butuh 38.000 orang

”Saat ini, diperkirakan jumlah account officer di pasar modal ada 12.000 orang. Jika target 2,3 juta investor terpenuhi, tahun depan butuh 50.000 account officers, kesenjangannya jadi 38.000 orang,” http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/10/28/04415321/Defisit.Profesi.Pasar.Modal tujuan kamu kuliah untuk bekerja kan? Kini tunggu apalagi kesempatan emas karena kuliah disini MUDAH BAGI LULUSAN UNTUK DAPAT PEKERJAAN

Jaminan

Daftar Sekarang Karena Kami Memberikan

Garansi Uang kembali 100%

Bagi kamu yang mendaftar dan di terima di perguruan tinggi negeri dan PTK maka 100% uang kamu akan dikembalikan. Sehingga tidak ada resiko sama sekali ketika mendaftar jurusan analis efek.

 

Tempat perkuliahan

   
(Gedung AKA, kampus Jurusan Analis Efek )
Jl. Bangka Raya No. 2 Kebayoran Baru Jakarta selatan.
Bagi Kamu yang ingin Mendaftar silahkan klik daftar dan isi data kamu kemudian setelah mendaftar silahkan hubungi 081311575251 (YP NUGRAHA) Bagian Penerimaan siswa (wajib menghubungi terlebih dahulu sebelum kamu datang ke kampus)

Jadi.... KAMU tidak mempunyai resiko apapun. Semua resiko ada DI PUNDAK SAYA. DAFTAR ANALIS EFEK SEKARANG JUGA!

Related For Pola Perilaku Konsumen dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi

PERHATIAN ... !

DAFTAR SEKARANG JUGA!!!!
SETIAP TAHUN PROGRAM ANALIS EFEK HANYA BUKA UNTUK 200 ORANG SAJA DAFTAR SEKARANG JUGA SEBELUM KAMU KEHILANGAN KESEMPATAN UNTUK MENDAPATKAN MASA DEPAN YANG TERJAMIN