Politeknik Terbaik di Indonesia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTK » Politeknik Terbaik di Indonesia

Politeknik Terbaik di Indonesia

 

            Banyak lulusan SMA sederajat atau setingkat lainnya yang bingung untuk melanjutkan pendidikannya ke lebih tinggi. Penawaran yang di depan mata makin banyak, mulai dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Institusi-istitusi, Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) dan masih banyak lagi. Namun, ada salah satu tempat pendidikan tinggi yang bisa jadi pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan kita, yakni Politeknik.

            Istilah politeknik berasal dari bahasa Yunani ???? (polú atau polý) yang berarti “banyak” dan ???????? (tekhnikós) yang berarti “seni”. Istilah institut teknologi, untuk bagiannya, sering disingkat IT; istilah ini berbeda dengan teknologi informasi.

            Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis.

            Di Indonesia sendiri politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, intitusi, sekolah tinggi maupun universitas. Politeknik adalah penyelenggara pendidikan tinggi dengan bidang pengetahuan khusus. Tujuannya agar lulusanya dapat bekerja secara professional dalam keahlian tertentu, politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk membentuk kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

            Berikut ini adalah nama-nama politeknik terbaik yang ada di Indonesia, yang kini menjadi favorit bagi lulusan SMA sederajat untuk dapat menimba ilmu di sana.

  1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN-Bandung)

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman-Bandung) adalah Politeknik Negeri pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). POLMAN Bandung berdiri sejak tahun 1976 merupakan hasil kerjasama bilateral antara pemerintah RI dan pemerintah Konfederasi Swiss, yang dalam pelaksanaannya Pemerintah Indonesia diwakili oleh ITB dan Swisscontact mewakili Pemerintah Swiss yang berakhir pada tahun 1995.
POLMAN Bandung adalah politeknik pertama di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Sjarif Thajeb pada tanggal 24 Maret 1977 meskipun angkatan mahasiswa pertama masuk tahun 1976. Pengembangan POLMAN Bandung selanjutnya dibantu melalui pendanaan dari pinjaman ADB dan Bank Dunia serta proyek-proyek DIP, IGI dan TPSDP.

  1. Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Bandung pada awalnya bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung, namun sejak tahun 1999 tidak lagi di bawah naungan ITB lagi sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung. Politeknik Negeri Bandung ini atau yang biasa disingkat POLBAN terletak di Jl Gegerkalong Hilir.

Ada tiga program yang ditawarkan dalam politeknik ini, yakni kelompok Rekayasa yang meliputi Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Konvensi Energi dan lain-lain. Kelompok Tata Niaga meliputi Jurusan Akuntansi, Administrasi Niaga dan Bahasa Inggris, serta D4 L yang meliputi program ektensi yang dikhususkan untuk D3 yang telah memiliki pengalaman kerja.

  1. Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta, sejarahnya bermula dari fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia.Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982, sejak 25 Agustus 1998 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negei Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

  1. Politeknik Negeri Medan

Pada tahun 1979 Universitas Sumatera Utara ditetapkan sebagai salah satu dari 6 Universitas/Institut yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari DIKTI, dengan nama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan. Pembangunan Politeknik USU dibiayai oleh Bank Dunia (World Bank). Melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Medan, maka Politeknik USU Medan secara resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (Polmed).

  1. 5.       Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman, yang resmi berdiri berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.080/Dikti/Kep/85 tertanggal 3 Desember 1985.

Semoga berhasil!


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Nov
15
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin