Profi SMK Muhammadiyah Cimanggu

B-16

Profi SMK Muhammadiyah Cimanggu

SMK Muhammadiyah Cimanggu didirikan pada tahun 2007 dan telah memiliki 3 kompetensi keahlian antara lain, Administrasi Perkantoran yang telah terakreditasi B pada tahun 2010 dan Akuntansi yang juga telah terakreditasi B pada tahun 2010 dan Teknik sepeda motor yang baru dibentuk. Semua kompetensi keahlian yang ada disekolah ini sudah memakai kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Jumlah siswa SMK Muhammadiyah Cimanggu adalah 178 orang dengan siswa laki-laki berjumlah 69 orang dan siswa perempuan berjumlah 109 orang. Siswa-siswi ini memiliki rentang usia 15-19 tahun dan mereka sebagia besar merupakan lulusan dari SMP. Tidak ada siswa-dari SMK Muhammadiyah Cimanggu yang mengulang ataupun putus sekolah.

Tenaga pendidik di SMk Muhammadiyah Cimanggu berjumlah 22 orang, 12 diantaranya merupakan guru tetap sedangkan 10 orang lainnya merupakan guru tidak tetap. Sebagian besar dari tenaga pendidik merupakan sarjana strata 1 dan profesionaldibidangnya, sedangkan sebagian lagi merupakan lulusan diploma.

Tenaga kependidikan disekolah ini berjumlah 4 orang yang mengisi bagian sebagai kepala tata usaha, tenaga administrasi dan tenaga teknisi keuangan.

Sarana dan prasara disekolah ini cukup memadai untuk menunjang prosesbeljar mengajar.  Prasarana tersebut antara lain ruang gkelasa sekolah dan wakil, ruang guru, ruang pelayanan administrasi, ruang perpustakaan, ruang unit produksi, ruang toilet, ruang BP/BK, ruang kelas dan ruang laboratorium multi media.

Bangunan SMK Muhammadiyah Cimanggu memiliki luas bangunan 772 m2 yang didirikan diatas lahan milik yayasan seluas 1080 m2. Dan dilengkapi dengan listrin yang memadai serta akses internet.

SMK Muhammadiyah Cimanggu juga memiliki sebuah perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku umum maupun kejuruan, untuk memenuhi kebutuhan akademik siswa-siswiya demi meningkatkan prestasi akademik mereka.

Untuk meningkatkan kealian siswa-siswinya dalam bidang kejuruan mereka, SMK Muhammadiyan Cimanggu bekerja sama dengan DU/DI baik yang ada didaerah CImanggu maupun yang berada di luar daerah Cimanggu. Kerja sama yang dilakukan dalam bentuk prakerin pada semua bidang kejuruan yang ada di SMA Muhammadiya Cimanggu.

Bidang-bidang usaha yang bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah Majenang antara lain BPR. Gunung Simping Artha, Kantor Kecamatan Majenang, BMT. Muhammadiyah Cilacap, BMT Surya Utama Cimanggu, BMT Surya Mandiri, KPN Karang Pucung,  Lokananda Motor, Trisno Motor, PD BPR BKK Kaangpucung, PD BPR BKK Cimanggu, PD BPR BKK Majenang,UPT Disdikpora kec. Majenang, kantr kecamatan Cimanggu, PGT. Terpentin Gondorukeng, UPT Dinas Pekerjaan Umum Kecamatan Majenang, UPT Dinas Sosial Kecamatan majenang.

Dengan banyaknya kerja sama yag dilakukan makatidak hanya prestasi yang baik yang diharapkan timbul dari lulusan SMK Muhammadiya Cimanggu ini tetapi juga  keterampilan yang baik dan yang terpenting para luluasan menjadi lulusan yang siap kerja.