Program Pendidikan Jurusan Sosiologi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPS » Program Pendidikan Jurusan Sosiologi

Program Pendidikan Jurusan Sosiologi

 

Program Pendidikan Jurusan Sosiologi Program Studi Sosiologi adalah Program Pendidikan Strata Satu (S1). Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial didirikan dalam rangka untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki kemampuan melakukan analisis terhadap perubahan dan permasalahan sosial yang terjadi dan sekaligus diharapkan mampu mengefisienkan dan mengefektifkan implementasi program-program pembangunan dan pemecahan-pemecahan praktis dalam masyarakat dan mampu dengan baik menjadi community leader.

Hampir semua kampus yang mendirikan jurusan sosiologi diharapkan mampu berperan aktif dalam pengembangan masyarakat, melalui proses pendidikan dan riset serta pusat informasi ilmiah di bidang sosiologi dengan berbasis kearifan budaya local untuk mewujudkan pusat informasi ilmiah di bidang sosiologi dengan berbasis kearifan budaya lokal.

Pokok bahasan sosiologi ada empat yaitu fakta sosial sebagai cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut. Tindakan sosial sebagai tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain, sosiologis sebagai cara untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia dan Realitas sosial adalah penungkapan tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga oleh sosiolog dengan mengikuti aturan-aturan ilmiah dan melakukan pembuktian secara ilmiah dan objektif dengan pengendalian prasangka pribadi, dan pengamatan tabir secara jeli serta menghindari penilaian normatif.

Ilmu sosiologi sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, yakni untuk pembangunan. Dengan ilmu sosiologi  kita dapat memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian pembangunan, dan kegunaan lainnya adalah untuk penelitian. Tanpa penelitian dan penyelidikan sosiologis tidak akan diperoleh perencanaan sosial yang efektif atau pemecahan masalah-masalah sosial dengan baik.

Gambarannya adalah seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok, merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi, asalkan menggunakan prosedur ilmiah.

Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok di lingkungan masyarakat. Ruang lingkup kajian sosiologi tersebut jika dirincikan menjadi beberapa hal, misalnya antara lain ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berhubungan dengan produksi, distribusi,dan penggunaan sumber-sumber kekayaan alam, masalah manajemen yaitu pihak-pihak yang membuat kajian, berkaitan dengan apa yang dialami warganya dan persoalan sejarah yaitu berhubungan dengan catatan kronologis, misalnya usaha kegiatan manusia beserta prestasinya yang tercatat, dan sebagainya.

Pada Jurusan Sosiologi Program Studi Sosiologi terdiri dari 3 (tiga) konsentrasi yaitu:

1.     Konsentrasi Sosiologi Lingkungan

2.     Konsentrasi Sosiologi Ekonomi

3.     Konsentrasi Sosiologi Pembangunan.

Prospek Pekerjaan Lulusan Sarjana Sosiologi

No.

Macam Kompetensi

Kualifikasi Bidang Kerja

Instansi

1. Kompetensi utama:

1. Pemahaman teori umum

2. Metodologi penelitian (kuantitatif dan kualitatif)

3. Analisis dan interpretasi data (kuantitatif dan kualitatif)

4. Kemampuan diplomasi (negosiasi, retorika)

5. Network (modal sosial)

6. Leadership

7. Penguasaan IT

Bidang Kerja Utama:

a. Social Analist

b. Peneliti/ Ilmuwan

c. Konsultan

d. Perencana

Pembangunan

e. Tenaga Pendidik

- Instansi Pemerintah

(Misal; Bappenas/ Bappeda, Depsos, Menko Kesra dan Taskin, MenNeg Pemberdayaan Perempuan, Depdiknas, Deptan dan Legislatif)

- Instansi Swasta (Corporate dan Sosial).

2. Kompetensi Pendukung:

1. Metode Pemberdayaan Masyarakat

2. Communication Skill

3. Bahasa Inggris

4. Managerial skill

5. Pengembangan diri (ESQ).

6. Menulis ilmiah

Bidang Kerja Tambahan:

a. NGO

b. Jurnalis

c. Wirausaha Mandiri

d. Analis Pasar

- Instansi Swasta nasional maupun Transnasional

- Kerja mandiri

Jurusan ini kini banyak dibuka dan biasanya masuk dalam Fakultas Ilmu social dan politik. Kampus-kampus yang membuka jurusan ini diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), UIN Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin , Universitas Jendral Sudirman, dan lain-lain.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
26
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin