Program Studi S1 Paralel Universitas Indonesia (UI) | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTN » Program Studi S1 Paralel Universitas Indonesia (UI)

Program Studi S1 Paralel Universitas Indonesia (UI)

 

Universitas Indonesia (UI) menjadi kampus atau salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi incaran dan favorit bagi siswa yang ingin melanjutkan studinya. Selain karena factor-faktor sejarah, secara kualitas UI merupakan salah satu kempus terbaik di Indonesia dan juga dunia. Selain itu UI merupakan PTN yang tentunya untuk biaya kuliah relatih lebih murah dibandingkan kampus favorit swasta walaupun pada kenyataannya banyak yang mengatakan UI mahal.

            Untuk masuk UI bukanlah hal yang mudah. Karena  beribu-ribu siswa bebebut  bangku dan bersaing di UI. Oleh karena itu butuh persiapan yang matang dan juga kerhja keras. Salah satu untuk dapat masuk UI adalah dengan mengetahui bagaimana cara masuk ke Universitas ini. Salah satu program yang ditawarkan UI dalam mengatasi hal ini adalah dengan membuka program Strata satu (S1) Pararel.

PROGRAM S1 PARALEL

Program S1 Paralel ini hampir sama dengan Program S1 Reguler. Perbedaan antara keduanya terletak di waktu perkuliahan serta persyaratan calon peserta, selain itu juga adanya perbedaan dalam pembayaran uang kuliah. Dalam program pararel mahasiswa tidak disediakan beasiswa dari kampus UI. Beda dengan program S1 reguler, bagi mahasiswa S1 Reguler terdapat Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan dan beasiswa uang pangkal, yakni biaya pendidikan dan uang pangkal disesuaikan dengan kemampuan orang tua/wali yang menanggung biaya pendidikan. Sehingga tidak terlalu membebadi orang tua.

PERSYARATAN CALON PESERTA

1.      Lulus  dari SMA /SMK/ MA/sederajat

2.      Tidak ada batasan Usia

 

PROSES SELEKSI

Calon Mahasiswa dapat mengikuti tes seleksi melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru UI, yakni: Program PPKB (Program Prestasi dan dan Pemrataan kesempatan Belajar) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI). Dan informasi ini dapat di buka dalam website UI.

 

1.    Jalur Undangan :

PPKB (Program Prestasi dan dan Pemrataan kesempatan Belajar) yang ditujukan untuk program S1 Paralel (tanpa ujian , dilihat dari nilai SMA)

2.    SIMAK UI :

Peserta dapat memilih program Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel sekaligus, hanya dengan 1x ujian

Materi ujian: Kemampuan IPA, Kemampuan Dasar, dan Kemampuan IPS (tergantung pilihan calon mahasiswa: IPA, IPS, atau IPC)

 

 

KEGIATAN PERKULIAHAN

Perkuliahan berlangsung selama minimal 8 semester (4 tahun) dan maksimal 12 semester (6 tahun) dengan beban studi = 144 SKS.

Waktu Kuliah : Senin- Jumat, pukul 14.00-18.00 WIB

Kuliah berlangsung di Fakultas Psikologi UI, yang berada di Kampus UI Depok.

 

 

GELAR PENDIDIKAN

Jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam 4 tahun dan gelar yang diperoleh adalah Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 Program Magister.

PELUANG KERJA LULUSAN FAKULTAS PSIKOLOGI

Ilmu psikologi bisa diterapkan dalam segala bidang yang terkait dengan perilaku manusia. Bidang-bidang yang digeluti oleh lulusan S1 psikologi diantaranya adalah: bidang penelitian, Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, jurnalis, periklanan, pengembangan masyarakat (LSM), pelatihan, hubungan masyarakat, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

KEGIATAN MAHASISWA

Untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan diri, di kampus ini tersedia wadah formal, yakni Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiwa (MPM). BEM adalah wadah formal yang memfasilitasi dan mendukung kegiatan mahasiswa melalui program-program dalam bidang pendidikan, keilmuan, sosial, seni-budaya, dan olahraga.

Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan organisasi otonom untuk mewadahi bidang-bidang kerohanian  seperti Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (PO), dan lain-lain. Dalam mewadahi minat dan kelompok-kelompok mahasiswa, BEM memiliki BKBEM (Badan Kelengkapan BEM) dan KP (Klub Peminatan) yang memiliki kegiatan rutin, dalam bidang fotografi, tari, futsal, basket, kebudayaan Jepang, teater, musik, dan pecinta alam.

            So, tidak ada alas an kita untuk tidak dapat meraih apa yang kita inginkan termasuk masuk di fakultas psikologi UI. Walaupun bukan kelas regular tidak ada salahnya kita fokuskan dan mencoba untuk masuk di program pararel UI. Terus beusaha dan berdoa.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
25
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin