Prosedur Penggunaan Komputer | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Prosedur Penggunaan Komputer

Prosedur Penggunaan Komputer

 

Seiring berjalannya waktu, informasi dan teknologi banyak mengalami perkembangan. Dunia ini semakin cepat, semenjak ditemukannya komputer. Akan tetapi, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui prosedur penggunaan komputer dengan baik.

Kebanyakan orang masih memilih cara tradisional untuk melakukan segala sesuatu. Padahal, teknologi tersebut diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Memang teknologi sering kali dikatakan sebagai pedang bermata dua.

Di satu sisi memberikan manfaat yang begitu besar bagi kita semua, namun di satu sisi lagi bisa berakibat buruk terhadap hasil peradaban atau kebudayaan yang telah lama melekat. Komputer sendiri pertama kali diciptakan oleh Howard Aiken pada tahun 1944.

Sekarang ini penggunaan komputer sudah menjadi hal yang biasa dan banyak diterapkan di berbagai bidang usaha. Oleh karena itu, prosedur penggunaan komputer sangatlah penting agar kita tidak menjadi bangsa yang ketinggalan.

Kehadiran komputer sendiri tidak bisa disangkal oleh masyarakat luas. Kecanggihannya seolah-olah membius penggunanya untuk senantiasa menggunakannya. Produk yang satu ini mampu mengatasi segala permasalahan ruang dan waktu.

Jika dulu guru merupakan sumber pengetahuan, sekarang ini komputer bahkan sudah bisa menggantikan peranan guru tersebut. Namun, perlu anda ketahui bahwa dalam menerapkan prosedur penggunaan komputer anda terlebih dahulu harus menerapkan K3.

K3 sendiri adalah kesehatan dan keselamatan kerja. Hal ini karena berbagai penelitian telah membuktikan bahwa komputer mampu mengganggu kesehatan seseorang atau bahkan keselamatan. Oleh karena itu, K3 merupakan aspek penting yang harus diperhatikan.

Penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bawah komputer dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, nyeri tulang bahu, pergelanggan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, pengguna juga bisa mengalami kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah dan berair, dan gangguan penglihatan.

Oleh karena itu, prosedur penggunaan komputer sebenarnya juga mencakup posisi tubuh, peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan. Sedangkan di sisi keselamatan kerja, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Anda harus menyadari bahwa komputer sebaiknya dihubungkan ke listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Jadi, anda harus berusaha untuk mengatur kabel listrik tersebut dalam keadaan yang sedemikian rupa untuk menghindari terjadinya kebakaran dan rusaknya peralatan komputer.

Untuk lebih jelas mengenai prosedur penggunaan komputer, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Cara menggunakan monitor

 

Untuk menggunakan komputer, maka kita harus berhadapan dengan monitor. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan monitor dengan benar.

-         Posisikan layar komputer sehingga dapat meminimalkan pantulan cahaya dari lampu, jendela atau sumber cahaya lainnya

-         Pasanglah filter di depan layar anda

-         Untuk kenyamanan, aturlah layar sama tinggi dengan mata anda

-         Untuk jarak pandang, usahakan jarak pandang anda 30 hingga 40 cm dari layar komputer

-         Aturlah level penerangan senyaman mungkin, jangan terlalu redup dan juga jangan terlalu terang.

  • Posisi duduk yang baik

 

Salah satu dari prosedur penggunaan komputer yang harus diperhatikan adalah posisi duduk anda. Posisi duduk yang salah bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada saat bekerja. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan posisi duduk yang baik :

-         Kaki ditempatkan dengan posisi kaki kiri agak maju dan kaki kanan sedikit ke belakang, kaki tidak sejajar, namun juga tidak bersilang, karena hal ini bisa membuat kaki cepat pegal

-         Kedua tangan diletakkan di atas keyboard dengan posisi yang benar, menurut sistem pengetikan 10 jari

-         Usahakan juga agar posisi badan anda tidak membungkuk, namun berada dalam keadaan tegak dan rileks. Hal ini dilakukan agar pinggang anda tidak cepat pegal

-         Usahakan pandangan mata anda berada pada naskah yang akan diketik, jangan melihat layar komputer secara terus menerus, karena bisa merusak kesehatan mata.

-         Bagi anda yang memiliki monitor standart, usahakan jarak pandang mata ke layar komputer paling tidak 50 cm. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pancaran radiasi komputer ke mata anda.

Inilah uraian singkat mengenai prosedur penggunaan komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin