Prosedur Persiapan Keberangkatan Tamu

tehnik-mengeluarkan-barang-tamu-dari-kendaraan

Prosedur Persiapan Keberangkatan Tamu

Untuk lebih jelas mengenai prosedur persiapan keberangkatan tamu, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini :

  1. Persiapan rekening untuk keberangkatan

Kantor depan dengan sistem komputerisasi akan terhubung ke departemen lainnya di dalam perusahaan dan beban biaya dapat dimasukkan sesegera mungkin ke dalam rekening tamu. Sebagai contoh, tamu sarapan di coffee shop hotel dan lalu pergi ke kantor depan untuk check out.

Biaya untuk sarapan akan dimasukkan ke dalam rekening tamu pada titik penjualan di coffee shop dan akan muncul pada rekening tamu. Pada perusahaan tanpa komputerisasi dengan sistem manual, bill dari coffee shop akan diantarkan ke kantor depan untuk dibebankan pada rekening tamu.

Daftar keberangkatan dapat dibuat semalam sebelum tanggal keberangkatan yang dimaksud dan kasir ataupun resepsionis dapat memeriksa daftar tersebut dengan rekening tamu untuk memastikan bahwa semua biaya pada hari itu telah dimasukkan ke dalam rekening tamu dan siap untuk check out esok pagi.

  1. Permintaan bantuan oleh tamu keberangkatan

Seorang tamu ingin menyewa sebuah mobil. Resepsionis akan menghubungi agen penyewaan mobil dan menanyakan spesifikasi persyaratan penyewaan mobil. Seringnya hotel memiliki referensi perusahaan mana yang akan direkomendasikan kepada tamu tetapi jika tamu menginginkan agen yang berbeda, maka kita harus menghubungi yang berbeda.

Seorang tamu meminta akomodasi tersebut dipesan untuk mereka. Jika hotel Anda adalah anggota dari sebuah kumpulan hotel Anda dapat merekomendasikan sebuah hotel yang bagus yang berlokasi di tempat yang dituju tamu.

Anda dapat mengambil rincian si tamu yang biasa ditanyakan pada saat pemesanan dari data reservasi di hotel Anda. Anda dapat melakukan pemesanan melalui telepon, email ataupun fax. Jika hotel Anda tidak terdaftar dalam sebuah grup seperti di atas Anda dapat menghubungi bagian informasi di wilayah atau kota yang dituju tamu mengenai hotel dan ketersediaan kamar.