Proses Metabolisme | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Proses Metabolisme

Proses Metabolisme

 

Metabolisme merupakan istilah yang tidak lagi asing bagi kita semua. Proses ini merupakan proses yang akan dialami oleh setiap makhluk hidup secara alami. Namun, sebenarnya seperti apa proses metabolisme itu ?

Istilah ini sering kali digunakan baik oleh orang awam yang tidak sepenuhnya mengerti tentang metabolisme. Secara teoritis, metabolisme merupakan istilah yang sangat akrab dengan para peneliti di bidang makhluk hidup atau ilmu biologi.

Hal ini karena istilah ini merupakan istilah yang benar-benar mendasar bagi bidang ilmu biologi, sehingga sangat ganjil jika di antara mereka tidak ada yang bisa menjelaskan pengertian metabolisme itu sendiri.

Metabolisme ini juga sangat erat kaitannya dengan kelangsungan makhluk hidup. Hal ini karena tanpa adanya proses ini, maka seorang makhluk hidup tidak bisa dikatakan hidup. Oleh karena itu, bukankah proses metabolisme ini merupakan sesuatu yang lumrah untuk dikuasai ?

Berbicara soal proses metabolisme, tentunya tidak akan terlepas dari pembicaraan mengenai bagaimana proses itu berlangsung. Pada dasarnya, kita tidak bisa merasakan atau melihat seperti apa proses ini berlangsung.

Proses ini berlangsung secara alami dan otomatis di dalam tubuh kita. Selama proses ini berlangsung, kita tidak akan pernah tahu. Kehidupan manusia memang tidak akan pernah terlepas dari berbagai proses alami.

Bahkan, kelahiran manusia atau pertumbuhan manusia itu sendiri juga merupakan bagian dari proses alami yang tidak kalah penting. Untuk lebih jelas mengenai proses metabolisme, simakla uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Metabolisme

 

Pada dasarnya, metabolisme diartikan sebagai sebuah proses  yang bersifat kimia dan terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi ini terjadi sebagai modal makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya.

Metabolisme juga sering diartikan sebagai aktivitas yang terjadi di dalam makhluk hidup atau reaksi yang bersifat kimia yang terjadi di dalam sel tubuh manusia. Proses metabolisme ini sendiri juga memungkinkan serangkaian organisme yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk berkembang.

Proses metabolisme di dalam tubuh manusia sendiri sangat bergantung pada asupan gizi atau makanan yang ia makan sehari-hari. Berbagai bahan makanan tersebut akan menghasilakan sebuah proses kimia yang nantinya digunakan sebagai bahan tumbuhnya sel di dalam tubuh.

Semakin baik nutrisi yang terkandung di dalam makanan, maka semakin baik pula proses metabolisme yang akan terjadi.

  • Proses metabolisme

 

Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di dalam benak anda. Seperti apa itu proses metabolisme ? ketika terjadi sebuah reaksi kimia akibat proses metabolisme tersebut, hasil reaksinya akan berada dalam jalur yang disebut metabolic.

Pada jalur ini, semua unsur kimia akan diubah menjadi elemen kimia. Selain itu, enzim juga tidak kalah penting dalam proses ini. Berbagai tahapan yang dilalui oleh proses ini juga diurutkan berdasarkan enzimnya.

Enzim kemudian akan menjadi sebuah energi yang akan memungkinkan terjadinya reaksi yang dihasilkan oleh suatu kimia untuk berproses. Dengan kata lain, proses metabolisme adalah proses dimana menentukan sebuah zat berguna atau tidak untuk pertumbuhan tubuh kita.

Sehingga, proses ini merupakan hal yang paling penting dan memegang peranan besar dalam kelangsungan makhluk hidup. Jika proses ini terganggu, maka secara keseluruhan kelancaran proses lain dalam tubuh juga akan ikut terganggu.

Sederhananya, enzim merupakan pelancar dari proses metabolisme itu sendiri. Reaksi kimia akan terjadi secara cepat, sehingga bisa menghasilkan senyawa ATP atau senyawa lainnya. Senyawa tersebut nantinya akan menyumbang energi pada proses dalam metabolisme seperti fotosintesis, respirasi, sintesis protein, kemosintesis dan lemak.

Di samping itu, proses metabolisme juga bisa mengubah racun. Tentunya racun merupakan senyawa yang tidak diperlukan oleh tubuh kita. Masuknya zat ini ke dalam tubuh kita tidak selamanya dilakukan secara sengaja.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena proses metabolisme ini mampu mengubah zat beracun menjadi senyawa yang tidak beracun sama sekali. Bahkan proses metabolisme mampu mengeluarkan racun ini dari dalam tubuh kita. Secara ilmiah, proses pengeluaran racun itu disebut sebagai proses detoksifikasi.

Inilah sekilas mengenai proses metabolisme. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
8
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin