Proses Metabolisme Protein | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Proses Metabolisme Protein

Proses Metabolisme Protein

 

Proses metabolisme merupakan proses yang terjadi pada semua makhluk hidup dengan tujuan untuk mempertahankan kehidupannya. Sebagai salah satu makhluk hidup, manusia juga melakukan proses ini secara alami.

Istilah metabolisme sendiri sudah menjadi istilah yang umum dan banyak dipergunakan oleh banyak orang. Istilah ini sering kali dikaitkan dengan kesehatan tubuh manusia. Namun, apakah anda benar-benar mengetahui pengertian atau definisi dari metabolisme ini ?

Pada dasarnya, proses ini merupakan proses dikaji dalam biologi, sehingga jarang sekali kita temukan orang yang berkecimpung di dunia biologi atau kesehatan yang tidak mengetahui istilah metabolisme atau tidak mampu menerangkannya.

Mengapa di dalam biologi ? Pada dasarnya, ilmu biologi adalah ilmu yang secara khusus mengkaji tentang makhluk hidup dan segala aspek kehidupannya. Salah satu proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita adalah proses metabolisme protein.

Protein sendiri tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Senyawa yang satu ini bis akita temukan di dalam banyak makanan, sebut saja telur yang sudah terkenal dan dikenal sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan.

Proses metabolisme ini pada dasarnya merupakan reaksi kimia tubuh untuk mengubah molekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Mungkin muncul pertanyaan, mengapa harus diubah ke dalam molekul yang sederhana ?

Hal ini dilakukan supaya molekul tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh kita dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkannya. Proses ini juga merupakan proses yang tidak bisa kita lihat atau rasakan, karena terjadi secara alami dan tanpa kita sadari.

Untuk lebih jelas mengenai proses metabolisme protein, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Protein

 

Kata protein ini sendiri berasal dari kata protos yang berarti paling utama. Protein merupakan senyawa organic kompleks dengan bobot molekul tinggi. Protein ini sendiri mengandung karbon, hydrogen, oksigen dan nitrogen, kadang disertai sulfur dan fosfor.

Senyawa ini sangat berperan penting sebagai struktur atau pembentuk sel semua makhluk hidup dan bahkan juga virus. Banyak sekali fungsi protein yang bisa kita rasakan di dalam tubuh kita. Terutama untuk membangun jaringan tubuh atau untuk berkembang.

Adapun beberapa manfaat dari protein, yaitu :

-         Sebagai sumber energi selain karbohidrat dan lemak

-         Untuk membentuk dan memperbaiki sel dan jaringan dalam tubuh

-         Sebagai sintesis hormone, enzim dan antibody

-         Untuk mengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel

-         Sebagai cadangan makanan

Kekurangan protein sendiri bisa menyebabkan berbagai hal, misalnya kerontokan pada rambut, terjadinga gangguan pada pertumbuhan dan masih banyak dampak buruk kesehatan lainnya.

  • Metabolisme protein

 

Emil Fisher merupakan orang pertama yang berhasil menyusun molekul protein. Molekul protein ini sendiri tersusun atas berbagai kesatuan yang kecil yang disebut sebagai asam amino. Untuk membongkar protein menjadi asam amino ini sendiri tidaklah mudah.

Secara umum, pembongkaran tersebut memerlukan bantuan dari enzim protease dan air untuk mengadakan proses hidrolisis. Proses ini juga akan terjadi apabila protein tersebut dalam keadaan panas, diberi basa atau diberi asam.

Di samping itu, asam amino ini sendiri bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial merupakan asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh dan hanya didatangkan dari luar tubuh manusia.

Sedangkan asam amino non esensial merupakan asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh manusia. Asam amino juga merupakan asam yang relatif kuat, sehingga jika berada di dalam darah keadaannya telah terionisasi.

Pencernaan dan penyerapan protein ini sendiri biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 jam dan setelah masuk ke dalam darah asam amino yang berlebihan akan diserap dalam waktu 5 atau 10 menit oleh sel di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, hampir tidak pernah ada asam amino yang konsentrasinya tinggi di dalam darah. Sejumlah besar asam amino dapat ditranspor melalui membran hanya oleh transport aktif yang menggunakan mekanisme karier.

Inilah sekilas mengenai proses metabolisme protein. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin