Prospek Kerja Fakultas Ilmu Sosial Politik | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Prospek Kerja Fakultas Ilmu Sosial Politik

Prospek Kerja Fakultas Ilmu Sosial Politik

 

Siapa pun orang yang ingin menjadi seorang diplomat, politikus, dan berhubungan dengan dunia sosial maka wajib masuk ke jurusan ini, yakni fakultas Ilmu Sosial dan politik (FISIP). Mungkin banyak dinatara kamu yang bercita-cita menjadi seorang diplomat yang selalu pergi keluar negeri atau berpindah pindah negara terus, ada yang bercita-cita menjadi seorang ahli politik dan memimpin sebuah partai polotik, sebagai periset gejala sosial maupun hukum, menjadi jurnalis baik media massa, TV, radio maupun online, atau sebagai presenter, sebagai pegawai negeri sipil alias PNS, sebagai TNI atau POLRI dan lain sebagainya.

      Sebenarnya pada umumnya semua fakultas ilmu soaisl dan politik di kampus mana pun  memiliki jurusan yang hampir sama, namun di sini saya akan contohkan adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politiknya di Universitas Indonesia. Di FISIP Universitas Indonesia ada beberapa jurusan  yakni jurusan Komunikasi, Politik, Administrasi, Kriminologi, Sosiologi, Antropologi, Kesejahteraan Sosial dan Hubungan Internasional.

      Peluang kerja dalam jurusan-jurusan tersebut sangatlah banyak. Kompetensi utama ketika masuk fakultas ini adalah :

  • Analis Kebijakan : adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam menganalisa sebuah permasalahan ataupun sebuah program sebelum program itu diputuskan baik oleh sebuah perusahaan ataupun program pemerintahan. Ia menganalisa baik dn buruknya sebuah kebijakan yang akan ataupun yang telah diterapkan dalam masyarakat.
  • Praktisi Politik (Partai atau Organisasi Kemasyarakatan) adalah seorang yang aktif di sebuah partai politik dan biasanya sebagai pengamat dari partai politik.
  • Aktivis Sosial/Pekerja Organisasi Nirlaba adalah orang-orang yang bekerja untuk lembaga atau mendirikan lembaga sosial demi kepentingan masyarakat.
  • Analis Politik adalah orang yang bekerja sebagai penganalisa partai politik ataupun kebijakan-kebijakan yang bersifat politik yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Negosiator ini adalah orang yang memiliki kemampuan melobi dan negosiasiasi yang sangat baik, biasanya sangat dibutuhkan dalam berpolitik maupun dalam pengambilan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan, baik parpol, maupun pemerintahan.
  • Akademisi Ilmu Politik adalah orang yang konsen dalam bidang akademisi ilmu politik, biasanya seoarng pengamat politik, ataupun dosen atau pengajar ilmu politik.
  • PNS Pusat/Daerah adalah orang yang bekerja sebagai pegawai negri sipil yang digaji oleh pemerintah dalma rangka untuk menjalankan roda pemerintahan dan kebijaka-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memenuhi hajat dan tujuan dalam mensejahterakan warga masyarakat.
  • Pekerja Lembaga Non-Pemerintah Internasional adalah orang yang bekerja di lembaga-lembaga non pemerintah atau swasta yang bersifat internasional, misalnya di kedutaan besar negara-negara sahabat dan lain sebagainya.
  • Anggota TNI dan Polri (Analis Kebijakan) adalah orang yang bekerja di bidang ketahanan dan keamanan negara yakni menjadi seorang TNI atau tentara nasional indonesia ataupun menjadi seorang polisi indonesia yang bertugas untuk dapat menjaga kemanan negara.
  • Peneliti di Lembaha-lembaga Riset dan/atau Survei adalah orang yang bekerja sebagai peneliti gejala-gejala sosial di masyarakat untuk mendukung dan memberikan solusi dalam pengambilan  kebijakan yang akan dilakukan pemerintah.

Sedangkan Instansi yang dapat di masuki dengan kompetensi utama tersebut dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik adalah

 a. Pemerintah

(Departemen Dalam Negeri, Sekretariat Negara, Sekretariat DPR/MPR, PEMDA, Departemen Pertahanan, LIPI, Universitas).

b. Non Pemerintah:

-          Kedutaan Asing

-          Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

-          Nasional Geografic Organization (NGO), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lokal, Nasional, dan Internasional

-          Perusahaan Multinasional

-          Lembaga Survei dan Rating

-          Lembaga Riset

Dalam kompetensi pendukungnya pekerjaan yang akan kamu dapatkan jika masuk FISIP adalah sebagai Trainer, Jurnalis, Konsultan Politik dan Kebijakan, Juru Bicara (Spoke Person), Kolumnis, Diplomat, Staf Kedutaan Besar Negara Asing dan Presenter Politik. Sedangkan instasi yang dapat kamu masuki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah Departemen Luar Negeri, Lembaga Penelitian dan Pelatihan, Media Massa Cetak dan Elektronik dan Lembaga Internasional.

Kompetensi lainnya yang didapat jika masuk FISIP adalah kamu bisa menjadi seorang Lawyer (harus ikut pre-law training) dan seorang Guru (setelah ikut pendidikan akta IV).


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Dec
18
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin