Puisi Baru Sebagai Bagian dari Macam-macam Puisi

puisi

Tentunya istilah puisi bukan lagi istilah baru bagi sebagian besar dari kita. Hal ini karena puisi sudah menjadi salah satu bentuk kebudayaan bagi bangsa kita. Namun, tahukah anda apa yang dimaksud dengan puisi itu dan apa saja jenis jenis puisi itu ?

Secara umum, materi mengenai puisi ini telah kita pelajari pada pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan salah satu pelajaran yang telah kita pelajari mulai dari SD hingga ke perguruan tinggi.

Mungkin sebagian dari anda merasa heran mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia begitu lama, padahal bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kita gunakan sehari hari dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Sebenarnya, jawabannya sangat sederhana, yaitu karena banyak sekali hal yang bisa kita bahas di dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah puisi. Secara umum, puisi diartikan sebagai seni tertulis dimana media yang digunakan untuk menambah keindahannya adalah bahasa.

Kata puisi sendiri berasal dari Yunani, yaitu poio yang berarti menciptakan. Mungkin sebagian di antara anda belum bisa membedakan puisi dan prosa dengan baik, karena kemiripan yang dimiliki oleh keduanya.

Namun, pada dasarnya kedua hal tersebut berbeda. Anda bisa mengidentifikasi perbedaannya melalui segi estetik suatu bahasa, penggunaan kata berulang dengan sengaja, meter dan rimanya. Semua hal tersebut adalah hal yang bisa membedakan puisi dengan prosa.

Selain itu, puisi sendiri bagi menjadi dua bagian besar, yaitu puisi lama dan puisi baru. Sesuai dengan namanya, puisi lama sendiri merupakan puisi yang masih terikat oleh berbagai aturan dalam penulisannya.

Sedangkan puisi baru merupakan puisi yang lebih bebas dan tidak terikat oleh berbagai aturan seperti puisi lama. Oleh karena itu, sekarang ini puisi baru lebih diminati dari puisi lama. Dalam puisi sendiri, biasanya digunakan majas untuk menambah keindahannya.

Majas sendiri ada banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah majas sarkasme yang berisi sindiran kasar secara langsung. Untuk lebih jelas mengenai puisi baru, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Ciri-ciri puisi baru

 

Pada dasarnya, puisi baru merupakan puisi yang bentuknya lebih bebas dari pada puisi lama, baik dari segi jumlah baris, suku kata ataupun rima yang digunakannya. Adapun beberapa ciri khas dari puisi baru yang membedakannya dengan puisi lama, di antaranya adalah :

–         Mempunyai bentuk yang simetris dan rapi

–         Mempunyai persajakan akhir yang teratur

–         Banyak menggunakan pola sajak pantun dan syair, meskipun ada pola lain

–         Sebagian besar merupakan puisi empat seuntai

–         Setiap barisnya terdiri dari sebuah gatra atau kesatuan yang sintaksis

–         Setiap gatranya terdiri dari dua kata

 2.      Jenis-jenis puisi baru

 

Berdasarkan isinya sendiri, puisi baru bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Balada

 

Merupakan puisi yang berisi cerita atau kisah. Balada pada umumnya terdiri dari 3 bait yang masing masing bait tersebut terdiri dari 8 larik dengan skema rima a b a b b c c b. kemudian skema rima berubah menjadi a b a b b c b c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai referen dalam bait bait berikutnya.

  • Himne

 

Merupakan pujaan untuk Tuhan, tanah air atau pahlawan. Biasanya himne ini berupa lagu pujian untuk menghormati Tuhan, pahlawan, tanah air atau almamater. Sekarang ini, himne sudah semakin berkembang dan diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan.

  • Ode

 

Merupakan puisi sanjungan untuk orang yang berjasa. Nada dan gaya yang digunakan sangat resmi, bernada anggun anda membahas sesuatu yang mulia atau peristiwa umum.

  • Epigram

 

Merupakan puisi yang berisi tuntunan hidup yang bisa dijadikan sebagai pedoman.

  • Romansa

 

Merupakan puisi yang berisi luapan cinta kasih

  • Elegy

 

Merupakan puisi yang berisi ratap tangis dan kesedihan

  • Satire

 

Merupakan puisi yang berisi sindiran atau kritik

Sedangkan berdasarkan bentuknya, adalah sebagai berikut :

–         Distikon atau puisi yang setiap baitnya terdiri dari 2 baris

–         Terzina, puisi yang terdiri dari 3 baris

–         dan lainnya

Inilah sekilas mengenai puisi baru.