Reproduksi Tumbuhan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Reproduksi Tumbuhan

Reproduksi Tumbuhan

 

Tumbuhan merupakan produsen atau satu-satunya makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan untuk makhluk hidup lainnya. Tanpa kehadiran tumbuhan, semua makhluk hidup akan mengalami kelaparan dan mati.

Oleh karena itu, ada baiknya bila kita mengetahui reproduksi tumbuhan. Sama halnya dengan manusia dan hewan, tumbuhan juga bisa berkembang biak dengan tujuan untuk menhindari kepunahan pada spesies atau rasnya.

Namun, kegiatan reproduksi tumbuhan agak berbeda dengan reproduksi manusia dan hewan. Tumbuhan bisa bereproduksi dengan cara aseksual atau tidak kawin maupun dengan cara seksual atau kawin.

Untuk lebih jelas mengenai reproduksi tumbuhan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Perkembang biakkan secara vegetative

 

Perkembang biakan dengan cara vegetative atau tidak kawin ini merupakan perkembang biakkan secara alami tumbuhan, tanpa adanya campur tangan dari manusia untuk terjadi proses pembuahan atau peranakan tanaman baru.

Ada beberapa tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini, di antaranya adalah :

  • Umbi lapis

 

Kelompok umbi lapis, misalnya bawang merah, bawang putih atau bawang bombay. Reproduksi vegetative pada umbi lapis adalah tumbuhnya sela-sela lapisan umbi.

  • Umbi batang

 

Merupakan batang yang berahli fungsi sebagai tempat penimbunan makanan dengan calon tunas kecil yang berada di sekitarnya dan kemudian dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh dari umbi batang adalah kentang dan ubi

  • Geragih

 

Merupakan batang yang menjalar secara terus menerus dimana pada ruas batang dapat muncul tunas-tunas baru. Misalnya tanaman seperti rumput teki, arbei, kanngkung, strawberry dan lainnya.

  • Akar tinggal

 

Merupakan tunas yang tumbuh pada batang tumbuhan yang secara mendatar di tanah. Misalnya alang-alang dan keladi.

  • Spora

 

Merupakan cara tumbuh dari tumbuhan paku, lumut, dan jamur. Tanaman tersebut akan berkembang biak dengan cara membentuk spora pada tempat tunas baru akan muncul.

  • Tunas

 

Merupakan tumbuhan anak yang akan muncul di samping tumbuhan induknya. Tanaman yang melakukan reproduksi dengan cara ini adalah pohon pisang, bambu, tebu, dan lainnya.

  • Tunas adventif

 

Merupakan tunas yang tumbuh pada bagian tertentu, misalnya akar, daun dan lainnya. Contoh tanaman yang bertunas adventif adalah pohon cemara, kesemek, sukun dan lainnya.

  • Hormogenium

 

Merupakan perkembang biakan yang terjadi pada tumbuhan ganggang yang berbentuk benang dengan cara memutus benang yang ada. Pada benang yang terputus nantinya akan tumbuh tanaman baru.

  • Pembelahan sel

 

Pembelahan sel merupakan reproduksi tumbuhan, khususnya tumbuhan yang bersel satu.

2.      Perkembang biakkan secara buatan

 

Pada dasarnya, reproduksi tumbuhan juga bisa terjadi jika ada campur tangan dari manusia. Ada beberapa vegetative buatan yang cukup sering dilakukan oleh manusia, di antaranya adalah :

  • Mencangkok

 

Merupakan cara perkembang biakan tumbuhan dengan cara menguliti batang yang ada lalu membungkusnya dengan tanah agar akar dapat tumbuh. Jika sudah menjadi akar yang kokoh, maka batang tersebut sudah bisa dipotong dan ditanam di tempat lain.

  • Merunduk

 

Merupakan teknik reproduksi tumbuhan dengan cara merundukkan batang tanaman ke tanah agar batang tanaman tersebut menumbuhkan akar. Setelah akar tumbuh, maka batang sudah bisa dipotong dan dibawa ke tempat lain.

  • Menyetek

 

Merupakan reproduksi tumbuhan dengan cara menanam batang tanaman agar dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Cara ini cukup banyak digunakan pada tanaman singkong.

  • Menyambung

 

Merupakan reproduksi tumbuhan buatan yang biasanya dilakukan pada tumbuhan sejenis buah-buahan atau ketela pohon untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik lagi.

3.      Reproduksi secara seksual

 

Selain dengan cara aseksual seperti yang sudah dijelaskan di atas, tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang bisa melakukan reproduksi secara seksual atau dengan kata lain kawin. Caranya adalah dengan bertemunya benang sari dan kepala putik.

Setelah itu akan terjadi penyerbukan. Penyerbukan ini sendiri bisa dibantu oleh alam, misalnya bantuan udara, hewan, air dan lainnya. Setelah penyerbukan terjadi, maka akan muncul tanaman baru yang hidup mandiri. Proses ini akan terjadi secara terus menerus secara berkesinambungan.

Inilah uraian singkat mengena reproduksi tumbuhan. Semoga dapat bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
26
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin