ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Review Jurusan – Arsitektur Interior, FTUI

January 30, 2013 | Jurusan

Jurusan Arsitektur Interior ini masuk ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dan berada di bawah naungan gdepartemen arsitektur  FTUI. Meskipun masih terbilang baru karena baru dibuat pada tahun 2008, namun tentu saja kita tidak perlu meragukan kualitas jurusan yang diadakan oleh institusi sebesar universitas Indonesia, belum lagi jurusan ini berada di bawah naungan ‘kakak’ yang lebih tua, yang sudah ada sejak tahun 1965, arsitektur. Di ui jurusan arsitektur interior ini hanya tersedia untuk program regular.

Apasih yang membedakan arsitektur interior ini dengan jurusan desain interior biasa? Dari gelarnya saja sudah beda, lulusan arsitektur interior akan menyandang gelarS.Ars (sarjanaarsitektur), sedangkan para lulusan desain interior akan menyandang gelarS.Sn (sarjanaseni). Selain itu, yang juga membedakan jurusan desain interior cenderung berbasis seni rupa, sedangkan arsitektur interior merupakan jurusan yang berbasis teknik, sehingga bukan hanya mendesain, melainkan juga dapat memahami logika serta sistematika dalam perancangan interior.

Program arsitektur interior ditempuh sebanyak 144 SKS, dengan komposisi dari 18 SKS matakuliah umum Universitas, 12 SKS mata kuliah umum fakultas teknik, 82 SKS untukskill course, 24 SKS mata kuliah pilihan, serta 8 SKS yang terdiri dari seminar, final project, project, danon the job training. Pada semester-semester awal, kita akan disodorkan mata kuliah-mata kuliah yang bersifat umum, dan dasar, seperti kalkulus, aljabar linear, fisika dasar, pengantar arsitektur, senirupa, teknik bangunan, metode perancangan, dll. Selain itu ada mata kuliah-mata kuliah keahlian seperti teknik komunikasi arsitektur (biasa disingkat Tekomars), dan PAI 1-5, hingga akhirnya menyusun skripsi.

Prospek kerja sarjana arsitektur interior ini dapat bekerja dalam bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan pengawasan. Sebagai arsitek interior dalam perancangan interior bangunan rumah, bangunan komersial, rumah sakit, danjuga interior bangunan umum lainnya. Dapat pula bekerja sebagai design principal pada konsultan interior, perancang setting film, teater, serta sebagai staff pengajar atau kiritikus.


Related For Review Jurusan – Arsitektur Interior, FTUI