Teknik komputer di Universitas Indonesia masuk ke fakultas teknik, dan berada di bawah naungan departemen teknik elektro. Teknik komputer di FTUI bisa dikatakan baru keberadaannya sebagai jurusan, karena baru berdiri pada tahun 2006. Namun jangan salah, karena sebenarnya program ini sudah ada sejak lama, karena program ini awalnya adalah program peminatan dari jurusan elektro FTUI. Awalnya departemen elektro memiliki 5  peminatan, yaitu, tenaga listrik, telekomunikasi, system kendali, elektronika, dan komputer. Pada 2006, karena jumlah peminat yang begitu besar, akhirnya prodi computer dibuat menjadi jurusan baru. Teknik komputer di FTUI berakreditasi B dari BAN-PT, serta lulusannya nanti akan mendapat gelar S.T (sarjana teknik). Untuk lulus dari sini, mahasiswa harus menyelesaikan setidaknya 144 SKS yang terdiri atas, 18 SKS university general subject; 19 SKS faculty general subject; 21 SKS electrical engineering subject ; 63 core subject;15 SKS elective subject;dan 8 SKS lainnya yang didapatkandari industrial attachment, seminar, undergraduate thesis, project.

Jurusan teknik computer ini memiliki beberapa konsentrasi dan peminatan yang biasanya akan dipilih pada semester 6. Peminatan dan konsentrasi tersebut adalah:

  • Embedded system

Konsentrasi ini cocok untuk kalian yang menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan audio, cards, motherboard, dan segala hal yang berhubungan dengan computer dan CPU-nya

  • Network and Communication

Konsetrasi ini cocok untuk kalian yang menyukai segala sesuatu tentang jaringan, internet, web, web hosting, dan sejenisnya. Kalian akan mengkonfigurasi, merancang, dan memperbaiki semua masalah yang berhubungan dengan jaringan.

  • Multimedia

Pada dasarnya ini bukanlah konsentrasi atau peminatan. Tapi lebih pada mendapatkan dasar-dasar dan materinya. Contohnya pada pemrogaman bahasa Java dan image processing.

Untuk prospek kerja kedepannya, tentu saja jurusan ini masih sangat tinggi kebutuhannya di lapangan, seperti  di industry, service, banking, dan semua lapangan pekerjaan yang membutuhkan pengaplikasian IT. Para lulusan dapat menjadi, IT manager, project manager, program manager, programmer, system analyst, software developer, data analyst, product specialist, software engineer, computer hardware engineer, system administrator, IT Support, dll.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *