ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SBMPTN 2013

January 4, 2013 | SNMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah system penerimaan masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang dilaksanakan serentak dan dalam bentuk ujian tulis. System penerimaan masuk ini merupakan system penerimaan yang baru dan akan diterapkan pada tahun 2013 mendatang. SBMPTN bersama dengan SNMPTN, dan Ujian Mandiri merupakan tiga system penerimaaan masuk mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri yang utama.

SBMPTN merupakan system penerimaan masuk yang menjadi respon atas dirubahnya bentuk format SNMPTN yang pada asalnya masih melaksanakan bentuk ujian tulis menjadi hanya melaksanakan seleksi berdasarkan hasil prestasi siswa selama sekolah saja.

Sebenarnya SBMPTN hanyalah perubahan nama saja dari SNMPTN yang dikhususkan untuk seleksi dalam bentuk ujian tulis.

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru SBMPTN adalah Berdasarkan Hasil Tes Ujian Tulis/ Keterampilan. Jalur Ujian tertulis sendiri merupakan jenis seleksi yang mengharuskan calon mahasiswa untuk menjalani ujian seleksi terlebih dahulu sebelum dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Jalur Ujian ini bisa diikuti oleh semua lulusan Sekolah Menengah Atas/ Sederajat di seluruh Indonesia tanpa membedakan asal sekolah maupun nilai dalam Ijazah/ Rapor. Ujian Tertulis SNMPTN kemungkinan akan dilaksanakan di kota- kota besar di Indonesia. Ujian tertulis sendiri terdiri dari berbagai macam tes, tes tersebut antara lain ; Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS, dan Ujian Keterampilan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan dalam bidang ilmu Seni dan Keolahragaan.

Teknis Pelaksanaan

Secara teknis Pelaksanaan SBMPTN 2013 saat ini belum ditentukan, dan baru akan dibahas oleh tim panitia SBMPTN pada Bulan Januari 2013 Mendatang, namun kemungkinan besar teknis pelaksanaan SBMPTN 2013 ini tidak akan jauh berbeda dengan SNMPTN jalur tulis pada tahun- tahun sebelumnya, yang mencirikan biaya penyelenggaraan pendidikan yang murah, tes berlangsung antar wilayah, dan kebebasan memilih jurusan yang berbeda Universitas.


Related For SBMPTN 2013