Sebab dan akibat Hutan Rusak | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Sebab dan akibat Hutan Rusak

Sebab dan akibat Hutan Rusak

 

Sebab dan akibat Hutan Rusak

Mengapa banyak yang membahas tentang hutan? Memangnya hutan itu berguna ya? Pastinya berguna. Hutan merupakan lingkungan hidup utama bagi sebagian mekhluk hidup. Hutan memberikan sumber makanan dan tempat tinggal bagi seluruh makhluk hidup yang hidup didalam dan sekitarnya. Dengan hutan mereka akan nyaman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Hutan yang bisa juga disebut sebagai biosfer utama dalam jaringan hidup. Hutan sebagi penyuplai oksigen ( O2 ) terbesar didunia yang banyak dimanfaat kan oleh makhluk hidup untuk bernafas. Apalagi manusia, karena bernafas merupakan proses utama dalam kehidupan manusia. Maka dari itulah hutan disebut sebagai paru-paru dunia. Tanpa hutan kita akan kekurangan oksigen, sehingga membuat manusia akan kesulitan dalam pernafasan. Bukan hanya manusia yang akan terkena dampaknya. Tetapi semua makhluk hidup yang membutuhkannya juga akan terkena dampaknya.

Indonesia merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah hutan terbesar di dunia. Tetapi Indonesia juga merupakan negara dengan kerusakan hutan yang terbesar di dunia. Banyak negara yang mulai mempermasalahkan hal ini. Karena dengan kesalahan dan ketidak mampuan negara Indonesia dalam menjaga hutan mengakibatkan kerugian terhadap semua negara. Semakin lama hutan di Indonesia semakin menyusut saja karena terjadinya bermacam-macam faktor. Bisa dilihat dari kebakaran hutan yang sangat luas dan penebangan hutan secara liar. Orang-orang yang melakukan penebangan liar ini tidak memikirkan dampak yang akan terjadi bila hutan rusak. Mereka hanya memikirkan kepentingan pribadi saja. Yang penting bagi mereka adalah mereka mendapatkan kehidupan yang nyaman dan kaya. Dengan begitu mereka dengan santainya saja melakukan penebangan secara liar tanpa ada melakukan penanaman kembali. Padahal jika mereka ingin menebang hutan tetapi mereka juga bisa melakukan pencegehan akan kerusakan hutan dengan menanam kan bibit kembali. Tidak susah untuk menanamkan bibit kembali. Hanya dengan mengali dan menaburkan benih tumbuhan serta dengan memberikan sedikir air saja sudah cukup. Bahkan tanpa kita siram pun jika ada hujan tanaman itu sudah bisa tumbuh sendiri. Mereka tidak perlu kita manjakan.

Penyebab Rusaknya Hutan

Hutan yang rusak akan sulit kembali untuk di perbaiki. Tetapi dengan kesabaran dan perlahan-lahan kita pasti bisa menanggulanginya lagi. Dengan berbagai cara dan usaha yang dilakukan pasti akan berhasil. Beberapa penyebab rusaknya hutan yaitu :

  1. Penebangan Liar

Penebangan liar merupakan hal yang harus segera dibasmi. Sangat merusak hutan. Apalagi tidak ada kesadaran dalam melakukan penanamannya kembali. Hal inilah yang disebut dengan ilegal logging. Yang dianggap sebagai penyebab terbesar akan kerusakan hutan.

  1. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan juga sangat berbahaya bagi kondisi hutan. Menyebabkan rusaknya hutan. Kebakaran hutan ini bisa terjadi karena cuaca yang panas dan kurang nya jumlah air. Dan bisa juga dikarenakan oleh ulah dari manusia. Mereka melakukan penebangan liar setelah itu melakukan pembakarannya untuk menghilangkan jejaknya. Hal yang sangat berbahaya.

Akibat dari Rusaknya Hutan

  1. Punahnya Populasi Hewan

Akibat dari penebangan dan pembakaran hutan membuat populasi hewan dan tanaman yang hidup di hutan itu menjadi musnah. Bagi para hewan tempat tinggal mereka menjadi lenyap dan mereka tidak tahu mau tinggal dimana lagi. Apalagi ada juga hewan yang pasti terjebak dengan kebakaran hutan itu. Sehingga menyebabkan kematian besar-besaran.

  1. Bencana Banjir dan Longsor

Penebangan hutan dapat membuat kebanjiran karena hutan juga berfungsi sebagai penahan air agar tidak mengalir secara berlebihan. Dan juga jika tidak ada hutan makan akan terjadi longsor dimana-mana karena tidak adanya tumbuhan yang menahab kepadatan suatu tanah.

  1. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sangat berbahaya bagi lapisan ozon bumi. Dengan tidak adanya hutan yang sebagai penyedia oksigen maka akan membuat efek rumah kaca yang sangat mengerikan.

  1. Polusi Udara

Inilah yang juga merupakan efek yang sangat berbahaya dari kebakaran hutan. Membuat polusi udara yang berbahaya bagi seluruh makhluk hidup.

Dengan begini harusnya kita sadar akan pentingnya hutan. Maka jagalah hutan kita. Jangan hanya pandai merusaknya saja. Tapi kita harus pandai juga dalam merawatnya. Karena ini akan berpengaruh kepada kesejahteraan hidup kita.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
3
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin