Sejarah dan Asal Usul Rounders

Rounders merupakan salah satu bentuk olahraga yang sering juga disebut sebagai kasti. Permainan ini tentunya bukan lagi hal yang baru bagi kita semua. Hal ini karena rounders merupakan salah satu permainan wajib yang dimainkan di sekolah, khususnya dalam penjaskes.

Tentunya olahraga ini tidak datang dengan sendirinya, ada sejarah rounders yang cukup menarik. Namun, sebelum membahas sejarah rounders, mungkin masih ada sebagian dari anda yang bingung terhadap permainan ini, oleh karena itu mari kita bahas sedikit mengenai rounders

Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.

Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.

Permainan ini sangat membutuhkan kerja sama dan kekompakkan para pemain. Aturan-aturan yang ada dalam permainan ini, hampir sama dengan permainan kasti atau permainan kipers. Untuk lebih jelas mengenai sejarah rounders, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sejarah rounders

 

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.

Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts.  Aturan nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia.

Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943. Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

  • Cara bermain

 

Bagi regu pemukul, cara memainkan permainan ini adalah :

–          Pemukul berada di ruang bebas

–          Urutan pemukul ditentukan dengan no urut dari 1-12

–          Tiap pemukul diberi kesempatan 3x memukul, tetapi bila pukulan pertama atau kedua baik, maka pemukul harus lari ke base pertama dan seterusnya.

–          Pemukul / pelari pertama tidak boleh didahului oleh pelari ke-2, pemukul ke-2 tidak boleh didahului oleh pemukul ke 3 dan seterusnya

–          Pemukul harus lari jika pukulannya baik, atau setelah pukulan ke 3, meskipun pukulan ke 3 tidak kena

Sedangkan bagi regu yang menjaga, permainan ini dilakukan dengan cara :

–          Berjumlah 4 orang dari penjaga mengambil tempat di base 1-2-3-4

–          Satu orang sebagai pelambung

–          Satu orang lagi menjaga bagian belakang pemukul. Penjaga ini bertugas menangkap bola yang dilambungkan pelambung dan merangkap sebagai penjaga base-5

–          Setiap penjaga base boleh mematikan setiap pelari (beberapa pelari)

–          Penjaga lainnya mengambil tempat di lapangan

  • Sistem penilaian

 

Skor permainan ini dihitung dengan cara :

–          Dari pukulan sendiri kemudian lari dan dapat melalui beberapa base tanpa mati, maka untuk tiap base yang dilewati mendapat nilai tambahan 1

–          Seorang pemukul, bila dapat kembali ke ruang bebas dan selama dalam perjalanan tidak membuat mati, dapat nilai 1

–          “Run” dalam permainan rounders mendapat nilai 6

–          Penjaga yang dapat menangkap bola mendapat nilai 1

Inilah sekilas mengenai sejarah rounders. Semoga bermanfaat

ujian sma