senam

ketangkasan ini sendiri menggunakan alat dan juga pada dasarnya ada beberapa gerakan yang tidak perlu memakai beberapa alat. Tetapi gerakan yang dipakai dalam senam ketangkasan sendiri tentu saja juga memerlukan beberapa teknik yang baik dan benar untuk dapat melakukan senam ketangkasan ini sendiri, dengan beberapa sentuhan yang baik akan membuat senam ini terlihat lebih indah.

Dalam senam ketangkasan ini sendiri tidak berdiri sendirinya, karena kita tahu sendiri pada dasarnya semua olahraga itu mempunyai sejarah yang sangat panjang, dan tentu saja sejarah itulah yang membuat terciptanya olahraga senam ketangkasan ini, dapat kita lihat sendiri semua gerakan yang ada pada zaman sekarang tidak lepas dari adanya sejarah yang menciptakan senam ketangkasan tersebut, sehingga gerakan-gerakan yang ada pada zaman dahulu, mungkin pada saat ini masih ada tetapi dalam versi yang berbeda tetapi mempunyai suatu dasar yang sama pada intinya.

  • Sejarah Senam Lantai

Senam ketangkasan merupakan senam yang dilakukan menggunakan alat dimana senam ini biasanya juga tidak menggunakan alat pada beberapa gerakan senam ketangkasan yang lain. Senam ketangkasan ini sendiri cukup popular pada masa sekarang dan yang perlu kita ketahui sejarah dari senam ketangkasan ini sendiri telah dimulai sejak ratusan tahun yang silam.

Sejarah dari senam ketangkasan ini sendiri diambil dari Cina kuno pada tahun 2700 sebelum masehi, dimana pada saat itu mereka telah mengenal beberapa bentuk sederhana dari olahraga senam ketangkasan tersebut. Gerakan-gerakan ini sendiri biasanya dilakukan di biara-biara dan bukan sebagai sebuah senam tetapi merupakan bagian dari langkah pengobatan dan juga untuk melakukan perlindungan diri seperti halnya bela diri. Catatan mengenai gerakan dari senam ketangkasan ini sendiri dapat kita lihat pada kitab peninggalan Kong Hu Cu juga dengan murid-muridnya yang banyak bercerita mengenai gerakan-gerakan tertentu yang dilakukan dengan tujuan pengobatan. Seperti halnya gerakan-gerakan pada senam ketangkasan yang ada sekarang membuat berbagai macam gerakan senam ketangkasan sendiri.

Sejarah dari senam ketangkasan ini sendiri tidak bisa lepas dari negeri Taaj Mahal, India. Negeri yang satu ini sendiri memang sudah lama dikenal sebagai salah satu rumah sejarah pengobatan yang menggunakan metode pernafasan dan juga gerakan tubuh. Langkah pengobatan ini sendiri tidak lepas dari kepercayaan keagamaan yang dianut di Negara tersebut. dimana pada Negara India ini sendiri bernapas sendiri selalu dihubungakan dengan kekuatan alam. Setiap kali berlatih, kita bernapas, dan bernapas berarti kita menghirup udara. Udara yang kita hirup ini bermuatan prana dan prana inlah juga yang merupakan suatu sumber kekuatan yang dapat memelihara alam semesta walaupun terkadang hanya untuk sekedar tujuan dari medis sendiri.

Sejarah senam ketangkasan ini juga bisa dijumpai pada tulisan ataupun gambar yang ada di Piramida yang ada di Mesir. Di fitur salah satu keajaiban dunia tersebut terdapat banyak kisah yang diceritakan dalam bentuk gambar oleh nenek moyang Mesir. Pada saat itu mereka bercerita mengenai soal kehidupan mereka termasuk didalam cerita tersebut adalah beberapa gerakan olahraga yang sederhana dimana olahraga tersebut sangat identik dengan olahraga senam ketangkasan ini. Bahkan, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa dari apa yang mereka gambarkan, terlihat bahwa nenek moyang dari mesir tersebut mengenal gerakan-gerakan yang hampir serupa dengan Yoga di India juga Gymnastic Jerman kuno yang mencakup di dalamnya gerakan – gerakan sederhana yang ada pada senam lantai itu sendiri.

Berdasarkan fakta-fakta yang telah diceritakan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sejarah dari senam ketangkasan tersebut bukanlah hal yang dimulai dari abad ke 20, tetapi jauh melampaui tahun-tahun sebelum itu. Nenek moyang dari kita semuapun pastinya telah lama mengenal gerakan yang juga dikenal dengan senam ketangkasan tersebut meskipun pada saat itu masih sangat berbentuk sederhana. Sedangkan untuk sekarang senam ketangkasan ini sendiri telah diperbaharui menjadi baru lagi dan juga gerakan-gerakan senam ketangkasan ini.