Sejarah Senam Lantai

senam lantai

Senam lantai ini sendiri memiliki beberapa pengertian yang dibuat sesuai dengan yang telah ada. Senam lantai itu sendiri merupakan bentuk latihan dari tubuh kita yang dapat kita atur dengan sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan gerak yang beraturan dan berkesinambungan antara satu senam dengan senam yang lainnya.

Pengertian kedua dari senam lantai ini sendiri adalah latihan senam yang dapat kita lakukan di matras, unsure-unsur dari gerakan senam lantai ini sendiri terdiri dari gerakan mengguling, melompat, meloncat, berputar diudara dengan menumpukan pada tangan ataupun kaki untuk mempertahankan sikap yang seimbang ataupun dapat meloncat ke depan dan juga bisa meloncat ke belakang.

Pengertian ketiga sendiri tentang senam lantai ini sendiri adalah sebagai setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis, dimana pada hal ini melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam senam lantai ini sendiri tidak berdiri sendirinya, karena kita tahu sendiri pada dasarnya semua olahraga itu mempunyai sejarah yang sangat panjang, dan tentu saja sejarah itulah yang membuat terciptanya olahraga senam lantai ini, dapat kita lihat sendiri semua gerakan yang ada pada zaman sekarang tidak lepas dari adanya sejarah yang menciptakan senam lantai tersebut, sehingga gerakan-gerakan yang ada pada zaman dahulu, mungkin pada saat ini masih ada tetapi dalam versi yang berbeda tetapi mempunyai suatu dasar yang sama pada intinya.

Senam lantai merupakan senam yang dilakukan di lantai dimana senam ini tanpa bantuan dari alat apapun kecuali matras yang bisa digunakan jika kita menginginkannya. Senam lantai ini sendiri cukup popular pada masa sekarang dan yang perlu kita ketahui sejarah dari senam lantai ini sendiri telah dimulai sejak ratusan tahun yang silam.

Sejarah dari senam lantai ini sendiri diambil dari Cina kuno pada tahun 2700 sebelum masehi, dimana pada saat itu mereka telah mengenal beberapa bentuk sederhana dari olahraga senam lantai tersebut. Gerakan-gerakan ini sendiri biasanya dilakukan di biara-biara dan bukan sebagai sebuah senam tetapi merupakan bagian dari langkah pengobatan dan juga untuk melakukan perlindungan diri seperti halnya bela diri. Catatan mengenai gerakan dari senam lantai ini sendiri dapat kita lihat pada kitab peninggalan Kong Hu Cu juga dengan murid-muridnya yang banyak bercerita mengenai gerakan-gerakan tertentu yang dilakukan dengan tujuan pengobatan.

Sejarah dari senam lantai ini sendiri tidak bisa lepas dari negeri Taaj Mahal, India. Negeri yang satu ini sendiri memang sudah lama dikenal sebagai salah satu rumah sejarah pengobatan yang menggunakan metode pernafasan dan juga gerakan tubuh. Langkah pengobatan ini sendiri tidak lepas dari kepercayaan keagamaan yang dianut di Negara tersebut. Salah satu warisan dari Negara ini sendiri dengan senam lantai adalah yoga. Jika kita cermati gerakan antara yoga ini hampir sama dengan senam lantai ini. Sejarah senam lantai ini juga bisa dijumpai pada tulisan ataupun gambar yang ada di Piramida yang ada di Mesir. Di fitur salah satu keajaiban dunia tersebut terdapat banyak kisah yang diceritakan dalam bentuk gambar oleh nenek moyang Mesir. Pada saat itu mereka bercerita mengenai soal kehidupan mereka termasuk didalam cerita tersebut adalah beberapa gerakan olahraga yang sederhana dimana olahraga tersebut sangat identik dengan olahraga senam lantai ini. Bahkan, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa dari apa yang mereka gambarkan, terlihat bahwa nenek moyang dari mesir tersebut mengenal gerakan-gerakan yang hampir serupa dengan Yoga di India juga Gymnastic Jerman kuno yang mencakup di dalamnya gerakan – gerakan sederhana yang ada pada senam lantai itu sendiri.

Berdasarkan fakta-fakta yang telah diceritakan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sejarah dari senam lantai tersebut bukanlah hal yang dimulai dari abad ke 20, tetapi jauh melampaui tahun-tahun sebelum itu. Nenek moyang dari kita semuapun pastinya telah lama mengenal gerakan yang juga dikenal dengan senam lantai tersebut meskipun pada saat itu masih sangat berbentuk sederhana.