Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup adalah perguruan tinggi negeri agama islam yang berdiri pada tanggal 19 September 1997. Alamat dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini adalah di Jl. Dr. AK. Gani No. 1 Kotak Pos 108 (0732) 21010 Curup 39119 Bengkulu. Jurusan yang disediakan adalah

  1. Jurusan Tarbiyah
  2. Jurusan Dakwah
  3. Jurusan Syari’ah (Hukum Islam)

Formulir Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

            Formulir pendaftaran akan dibutuhkan bagi pelajar yang akan melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini. Bagi para pelajar yang telah mendapatkan formulir pendaftaran ini maka mereka tinggal melakukan pengisian formulir tersebut. Setelah itu hal yang harus diperhatikan adalah tata cara dalam melakukan pengisian formulir pendaftaran itu.

            Untuk itulah bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih tentang formulir pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup maka mereka bisa dengan melihatnya di website resmi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup di www.staincurup.ac.id. Disini para pelajar juga bisa melihat informasi lain tentang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini.

Pembukaan Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

            Jadwal pembukaan pendaftaran akan sangat dibutuhkan oleh pelajar yang ingin menjadi mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini. Karena dengan mengetahui kapan dibukanya pendaftaran masuk maka para pelajar baru bisa untuk melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini. Berikut beberapa jadwal pembukaan pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup.

  1. Jalur SPMB Nasional Online pembukaan pendaftaran pada tanggal 1 Mei – 15 Juni. Ujian masuk dilaksanakan pada 19 Juni.
  2. Jalur SPMB Lokal Online pembukaan pendaftaran pada tanggal 16 Juni – 14 Juli. Ujian masuk dilaksanakan pada 18 Juli – 19 Juli.

Dengan mengetahui jadwal pembukaan pendaftaran dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup maka para pelajar tinggal melakukan pendaftaran pada waktunya saja.

Hasil Pengumuman Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

            Setelah selesai melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup maka para pelajar akan melakukan tes dan yang terakhir adalah hasil pengumuman pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup. Hasil ini akan berpengaruh kepada lulus atau tidaknya pelajar yang telah melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini.

Untuk jadwal hasil pengumuman pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup adalah :

  1. Jalur SPMB Nasional Online hasil pengumuman pendaftaran pada 13 Juli.
  2. Jalur SPMB Lokal Online hasil pengumuman pendaftaran pada 18 Juli – 19 Juli.

Syarat Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memberikan foto copy rapor 1 rangkap yang telah dilegalisir.
  3. Memberikan foto copy ijazah dan SKHUN sebanyak 2 lembar yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah bersangkutan.
  4. Pas foto warna ukuran 3 x 4 cm dan 2 x 3 masing – masing sebanyak 2 lembar.
  5. Memberikan surat keterangan kesehatan dari dokter.
  6. Melakukan pengisian formulir pendaftaran.
  7. Membayar biaya pendaftaran.
  8. Tidak menggunakan obat – obatan terlarang seperti narkoba dan tidak ikut tindakan criminal.
  9. Memiliki kemampuan dasar untuk bisa membaca Al-Quran.

Perkiraan Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup

            Biaya pendidikan merupakan hal yang pasti akan ditanya oleh pihak pendaftar. Biaya pendidikan untuk perguruan tinggi negeri tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan biaya pendidikan perguruan tinggi swasta. Dan biaya pendidikan ini sangat berpengaruh kepada minatnya pelajar tersebut untuk menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup atau tidak.

            Perkiraan biaya pendidikannya adalah untuk biaya SPP persemester Rp. 650.000. Biaya pembangunan Rp. 1.000.000. Biaya lain – lain Rp. 150.000. Biaya uang pendaftaran Rp. 150.000. Dan terakhir adalah biaya untuk uang buku dan keperluan kuliah lebih kurang Rp. 4.000.000. Jadi untuk total biaya pendidikan yang harus disiapkan oleh pihak pendaftar adalah Rp. 10.500.000. Jika tertarik maka bisa melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *