Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

            Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya merupakan salah satu perguruan tinggi islan negeri yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya didirikan pada tanggal 21 Maret 1997. Pada tahun 1972 perguruan tinggi ini sudah didirikan tetapi baru resmi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya pada tanggal 21 Maret 1997. Alamat di Jl. Gobol Komplek Islamic Center, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Jurusan yang disediakan :

  1. Jurusan Tarbiyah
  2. Jurusan Syari’ah
  3. Jurusan Dakwah

Formulir Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

            Formulir pendaftaran harus diincar terlebih dahulu kepada pelajar yang ingin untuk melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ini. Karena formulir pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya merupakan hal wajib yang harus diisi yang telah ditentukan oleh pihak dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya tersebut.

            Kemudian untuk tata cara dalam melakukan pengisian formulir pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya akan sangat penting lagi ketika sudah mendapatkan formulir pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ini. Hal yang harus diperhatikan adalah kelengkapan data dan juga kebenaran data tersebut. Karena dari pihak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ingin data yang relevan.

Pembukaan Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

            Pembukaan pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya biasanya akan dilakukan setelah pelajar tingkat SMA / SMK / MA telah selesai melaksanakan ujian nasionalnya. Dan juga jadwal pembukaan pendaftarannya akan dilakukan setiap tahunnya pada tahun ajaran baru.

            Jadwal pembukaan pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya biasanya akan dibuka antara bulan Mei – Juli. Dan juga perlu diingat pendaftaran tersebut dapat dilakukan dengan beberapa jalur. Setelah mengatahui jadwal tersebut maka pelajar harus bisa untuk menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk bisa melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ini.

Hasil Pengumuman Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

            Hasil pengumuman pendaftaran merupakan hal yang penting bagi pelajar yang telah selesai melaksanakan pendaftaran dan juga seleksi yang diadakan oleh pihak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya. Hasil pengumuman pendaftaran ini akan menentukan apakah mereka akan lulus menjadi mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ataut tidak.

            Tentunya bagi yang ingin mendaftar ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya pasti sudah mempunyai rencana untuk bisa lulus. Dan strategi itu memang harus bisa dilakukan oleh pelajar yang ingin lulus. Apalagi bagi pelajar yang pintar dan berprestasi, pasti akan langsung dipilih lulus oleh pihak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya ini.

Syarat Pendaftaran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

  1. Perserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Telah lulus pada tingkat SMA / SMK / MA.
  3. Foto copy rapor sebanyak 1 rangkap yang telah dilegalisir.
  4. Foto copy ijazah dan SKHUN sebanyak 2 lembar yang telah dilegalisir.
  5. Peserta tidak terlibat dalam tindakan criminal dan mengkonsumsi narkoba
  6. Memiliki kemampuan dasar untuk membaca Al-Quran.
  7. Kondisi badan yang sehat yang disertakan dengan buktinya.
  8. Memiliki surat berkelakuan baik dari pihak sekolah bersangkutan.
  9. Melakukan pengisian pada formulir pendaftaran dengan benar dan tepat.
  10. Membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan.
  11. Pas foto ukuran 3 x 4 cm dan 2 x 3 masing – masing sebanyak 2 lembar.

Perkiraan Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya

            Tidak salah lagi bahwa untuk biaya pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi semua pihak. Bagi pendaftar dengan mengetahui biaya pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangkaraya maka mereka dapat melihat apakah sanggup atau tidak untuk membiayai uang kuliahnya.

            Untuk uang SPP persemester Rp. 650.000. Uang pembangunan Rp. 1.000.000. Biaya pendaftaran Rp. 150.000. Biaya keperluan kampus Rp. 200.000. Biaya keperluan kuliah dan uang buku Rp. 5.000.000. Total biaya Rp. 11.550.000. (Biaya pendidikan merupakan biaya perkiraan, biaya pendidikan ini dapat berubah – ubah sesuai dengan ketentuan dari pihak kampus). Untuk informasi lebih lanjut bisa dengan melihatnya di http://stainpalangkaraya.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *