Seputar Beasiswa China

Anda pastinya pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa, “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China”. Pepatah ini bermaksud agar kita selalu belajar setinggi mungkin. Namun, dengan berkembangnya jaman, pepatah tersebut menjadi kenyataan. Tenggok saja perkembangan yang ada di negeri tirai bambu tersebut. Dari segi ekonominya, negara tersebut telah berkembang sedemikian rupa sehingga dapat menjadi salah satu kekuatan dunia selain US, Brazil, Rusia, dan India. Dengan berkembangnya negara China tersebut membuat segala aspek kehidupan di sana menjadi ikut berkembang. Kemajuan di negeri tirai bambu tersebut sangat signifikan. Dan hal ini yang menjadi daya tarik bagi para pelajar untuk menuntut ilmu ke negeri tirai bambu tersebut. Dengan adanya minat tersebut, membuat pihak China tersebut bergerak dengan mempromosikan pendidikan di China dengan berbagai macam cara. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan program beasiswa China. Dan beasiswa China tersebut menjadi salah satu magnet bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di China.

Blokir Google

Biasanya anda selalu mencari-cari info beasiswa dari internet dengan menggunakan jejaring pencari seperti google. Namun, bila anda ingin mencari info beasiswa China melalui google mungkin akan terasa sulit. Hal ini dikarenakan negara China tidak memberikan kebebasan dalam berekspresi. Pihak otoritas China tidak akan segan untuk memblokir situs google apabila dirasakan akan mengancam otoritas China.

Hal seperti inilah yang menyebabkan ilmu pengetahuan yang ada di negeri tirai bambu tersebut tidak dapat leluasa berkembang. Informasi yang ada juga sulit untuk diakses. Hal ini disebabkan pemerintah China memiliki suatu filter yang dapat mensensor info yang dirasa akan mengancam. Namun, hal tersebut tidak dapat disalahkan, karena negara China tersebut berada dalam masa-masa kemajuan ekonomi yang sangat pesat. Perkembangan ekonomi tersebut diikuti oleh perkembangan militer juga. Setiap tahunnya, anggaran militer yang diperlukan pihak pemerintah China semakin melonjak. Dan hal yang paling terasa adalah dengan banyaknya perusahaan China yang mendominasi ekonomi US. Hal inilah yang membuat China menjadi salah satu negara yang kuat.

Namun walaupun demikian, hal itu tidak membuat minat para pelajar yang ingin menuntut ilmu ke negara China tersebut menjadi hilang. Apalagi bagi para pelajar Indonesia keturunan Tionghoa. Sudah mulai banyak para pelajar Tionghoa yang melanjutkan pendidikan di negeri leluhur mereka. Hal ini dapat terjadi karena adanya kedekatan faktor budaya dan sejarahnya. Pastinya para pelajar Tionghoa ingin merasakan bagaimana pendidikan yang ada di negeri leluhurnya sehingga membuat mereka memiliki minat dalam menempuh pendidikan di China.

Pelajar Indonesia

Dalam perkembangan jaman sekarang ini, benua Asia menjadi primadona dalam bidang ekonomi. Kekuatan dunia telah bergeser ke benua kuning tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena perkembangan dari negara-negara yang ada di benua Asia tersebut. Salah satunya adalah negara China. Negara China menjadi salah satu negara yang sangat berkembang. Sekarang ini US sudah tidak dapat menguasai dunia sendirian. US harus bersaing dengan BRIC (Brazil, Rusia, India, dan China).

Dan bagi anda yang ingin menempuh pendidikan di China, anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ada yang berpendapat bahwa bahasa China akan menggantikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri, karena perkembangan dari negara China sangatlah pesat. Banyak perusahaan China yang bersaing dengan perusahaan dari negara lainnya. Dan selain itu, melanjutkan pendidikan di China merupakan salah satu investasi jangka menengah yang sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan China merupakan salah satu primadona dalam kehidupan dunia. Hal itu ikut berpengaruh pada sektor pendidikan serta budayanya. Dalam sektor pendidikan dan budaya, perkembangan yang dapat dilihat secara jelas di Indonesia adalah dengan mulai banyak munculnya lembaga studi China. Seperti lembaga yang mengajarkan bahasa mandarin.

Apabila negara China terus mengalami perkembangan yang signifikan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa nantinya negara China akan menjadi negara yang sangat kuat. Dan bisa saja bahasa internasional akan berubah menjadi bahasa mandarin. Jadi menempuh pendidikan di China dapat menjadi salah satu investasi buat anda. Dan anda dapat menempuh pendidikan di China melalui program beasiswa yang disediakan oleh pihak pemerintah China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *