Sifat-sifat Unsur Dalam mempelajari Ilmu Kimia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Sifat-sifat Unsur Dalam mempelajari Ilmu Kimia

Sifat-sifat Unsur Dalam mempelajari Ilmu Kimia

 

periodik

Pada umumnya, sebagian besar dari kita yang pernah mempelejari ilmu kimia tentunya sudah tidak asing lagi dengan sifat sifat unsur kimia. Akan tetapi, apakah semua dari anda telah mengetahui dengan baik sifat sifat unsur kimia itu ?

Unsur kimia atau yang hanya disebut sebagai unsur merupakan zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil atau tidak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa.

Partikel terkecil yang ada dari unsur adalah atom. Sebuah atom sendiri terdiri dari inti atom atau nucleus yang dikelilingi oleh elektron. Inti atom juga terdiri dari sejumlah proton dan neutron. Hingga saat ini terdapat lebih dari 117 unsur di dunia.

Hal umum yang membedakan satu unsur dengan unsur lainnya adalah jumlah proton dan jumlah elektron suatu unsur atau ikatan dalam inti atom tersebut. Misalnya dalam atom karbon yang memiliki proton sebanyak 6 buah, sedangkan atom oksigen mempunyai proton sebanyak 8 buah.

Jumlah proton pada sebuah atom dikenal dengan istilah nomor atom yang dilambangkan dengan Z. akan tetapi, atom atom pada unsur yang sama tersebut memiliki jumlah neutron yang berbeda pula. Hal inilah yang kita kenal dengan nama isotop.

Unsur yang paling ringan adalah hydrogen dan helium. Dalam teori Big Bang sendiri, hydrogen dipercaya sebagai unsur yang pertama kali ada di jagat raya setelah terjadinya ledakan besar. Seluruh unsur unsur berat secara alami terbentuk, baik secara alami atau buatan melalui berbagai metode nukleosintesis.

Hingga pada tahun 2005, dikenal ada 118 unsur yang diketahui, 93 unsur di antaranya terdapat di alam dan 23 unsur lain merupakan unsur buatan. Unsur buatan sendiri pertama kali diduga adalah teknetium pada tahun 1937.

Biasanya, daftar unsur dinyatakan  berdasarkan nama, simbol atau nomor atomnya. Untuk lebih jelas mengenai sifat sifat unsur, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sifat halogen

 

Halogen merupakan golongan yang sangat reaktif dalam menerima elektron dan bertindak sebagai oksidator kuat dalam satu golongan. Semakin ke atas, maka oksidator juga semakin kuat. Selain itu, halogen juga merupakan unsur yang paling elektronegatif dibanding dengan unsur lain.

Jari jari atom halogen dalam satu golongan makin ke atas makin kecil. Hal ini berarti makin ke atas ukuran molekul, maka makin kecil gaya tarik menarik antar molekul. Unsur halogen juga sangat berbahaya terhadap mata dan tenggorokan, serta memiliki bau yang merangsang dan berwarna.

  • Gas mulia

 

Gas mulia menempati golongan VIII A yang terdiri dari unsur helium, neon, argon, krypton, xenon dan radon. Yang termasuk sifat sifat unsur gas mulia adalah gas tak berwarna yang monoatomik.

Selain itu, titik cari dan titik didih gas mulai juga meningkat dengan bertambahnya nomor atom. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya gaya dispersi antar atom gas mulia sesuai dengan bertambahnya massa atom relatif.

Energi ionisasinya juga sangat tinggi, akibat unsur gas mulia sukar bereaksi dengan unsur lainnya.

  • Alkali

 

Golongan alkali tanah pada umumnya mempunyai sifat yang tidak biasa, yaitu titik lelehnya relatif rendah, rapatannya relatif rendah dan kelunakannya. Semua unsur logam alkali ini dapat dengan mudah diubah bentuknya dengan memencetnya dengan jempol dan jari telunjuk

Unsur yang terdapat dalam golongan ini mempunyai energi ionisasi dan keelektronegatifan rerata yang paling rendah. Hal ini karena ukuran atom dan jarak yang relatif besar antara elektron terluar dengan inti.

Adapun unsur logam alkali tanah II A yang mempunyai sifat yang mirip dengan I A. perbedaannya adalah golongan II A ini mempunyai konfigurasi elektron dan merupakan reduktor yang kuat.

Meskipun lebih kuat dari golongan I A, namun golongan II A ini tetap relatif lunak, perak mengkilat dan mempunyai titik leleh dan kerapatan yang tinggi. Sedangkan unsur logam alkali tanah agak lebih keras dan kekerasannya berkisar dari barium yang kira kira sama keras dengan timbale.

Inilah sekilas mengenai sifat sifat unsur. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
11
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin