Silabus Dan Rpp Berkarakter Sma

        Setiap memasuki tahun ajaran baru, seluruh guru dari tiap-tiap sekolah akan kembali merivisi dan memperbaharui silabus dan RPP yang akan digunakan selama tahun ajaran berlangsung, dan tentu saja silabus dan RPP yang digunakan haruslah sama dengan kualifikasi serta kualitas yang ditentukan oleh Kemdiknas. Untuk menyusun silabus dan RPP berkarakter SMA yang baik dan akhirnya akan dapat dijalankan dengan baik harus mementingkan beberapa hal berikut, yaitu :

  1. Membuat rancangan rencana pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Setiap pelajaran pasti memiliki beberapa bagian/bab yang membantu kita mengajar secara lebih spesifik dan jelas, hal tersebut dapat membantu kita untuk merencanakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengajarkan 1 bab/bagian tersebut, yang tentu saja sudah dipikirkan bobot atau tingkat kesukaran bab/bagian tersebut.
  2. Menetukan standard kompetensi. Menentukan gambaran yang ingin diperoleh dari kegiatan mengajar tersebut sehingga memiliki acuan untuk menentukan apakah materi yang diberikan sudah dapat dimengerti oleh semua murid secara garis besar.
  3. Menetukan kompetensi dasar. Menentukan ilmu yang akan diberikan selama mempelajari suatu bab/bagian.
  4. Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan yang jelas merupakan sebuah dorongan untuk mendapatkan manfaat yang akan diperoleh jika mempelajari bab/bagian yang ditentukan.
  5. Menentukan metode belajar. Setiap bab/bagian memiliki isi yang berbeda. Hal tersebut hendaknya juga dapat diantisipasi, karena materi yang berbeda juga memerlukan cara menjelaskan dan mengajarkan yang berbeda juga agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membuat bosan para muridnya.
  6. Sumber belajar yang menjadi acuan pembelajaran. Menetukan sumber belajar dapat dimulai dengan menentukan buku pegangan yang paling baik digunakan selama kegiatan belajar mengajar, dan juga dapat berupa alat-alat yang akan digunakan guna menunjang kegiatan belajar mengajar.
  7. Penilain Hasil Belajar. Menentukan cara pengambilan nilai yang sesuai dengan materi yang diberikan, entah dalam bentuk tugas perorang, kelompok, ulangan, kuis, dll.
  8. Membuat perencanaan yang baik. Perencanaan dibuat untuk tiap pertemuan agar tidak bingung apa yang harus dilakukan atau bagaimana cara mengajar dalam tiap pertemuan. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar pengajar siap dengan materi yang akan diberikan, sehingga materi yang akan disampaikan akan tersalur dengan jelas dan benar.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para guru/pengajar dalam pembuatan Silabus dan RPP. Semoga dapat membantu dalam menentukan pembuatan silabus yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *