Skripsi Prestasi Belajar

Skripsi Prestasi Belajar

Anda sebagai seorang mahasiswa pasti nya suatu saat akan menghadapi yang nama nya skripsi. Anda tahu tidak apa itu skripsi? Lalu apa tujuan dari di lakukan nya skripsi? Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah yang berisi kan penelitian sarjana S1 yang membahas suatu masalah yang berhubungan dengan bidang ilmu tertentu yang menggunakan kaedah penulisan yeng berlaku. Istilah skripsi hanya digunakan di Indonesia. Tujuan dari pelaksanaan skripsi adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tersebut dalam pelajaran yang ia tempuh selama menjalani perkuliahan. Skripsi biasanya di tulis pada saat akan mengakhiri perkuliahan dan ingin mendapatkan gelar sarjana. Setiap tahun nya, setiap perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia menghasilkan skripsi yang sangat banyak dari mahasiswa nya yang akan menyelesaikan kuliah nya. Topik dari skripsi itu pun bermacam – macam sesuai dengan bidang ilmu yang di pilih oleh mahasiswa tersebut.

Dari setiap bidang ilmu, menghasilkan topik skripsi yang berbeda – beda sesuai dengan masalah yang di pilih mahasiswa tersebut. Namun, topik yang biasa nya di pilih oleh seorang calon sarjana yang belajar di bidang ilmu keguruan dan ilmu sosial adalah masalah prestasi belajar. masalah prestasi belajar ini lah yang sering menjadi topik sebuah skipsi, baik prestasi belajar seorang siswa maupun prestasi belajar seorang mahasiswa. Oleh karena sering di pakai sebagai topik skripsi, maka skripsi dengan topik prestasi belajar sangat mudah di dapat di perguruan tinggi, apalagi di bidang ilmu keguruan dan ilmu sosial.

Skripsi Prestasi Belajar

Skripsi prestasi belajar adalah skripsi yang membahas permasalahan prestasi belajar siswa maupun mahasiswa. Walaupun skripsi mengenai prestasi belajar adalah topik yang paling sering di pilih, hal itu tidak membuat skripsi prestasi belajar menjadi suatu skripsi yang mengulang – ulang hasil dari skripsi orang yang membahas skripsi dengan topik prestasi belajar yang sudah ada. Karena, dalam meneliti suatu prestasi belajar seorang pelajar, banyak sekali aspek yang dapat di teliti, seperti : keinginan atau minat seorang pelajar dalam belajar, suasana yang ada di kelas saat proses belajar, minat mengajar seorang guru ataupun dosen, kondisi ekonomi pelajar tersebut, kemampuan pelajar tersebut dalam menguasai materi yang di berikan, kemampuan dalam memanfaat kan teknologi yang ada, dan lain – lain. Oleh karena nya skripsi ini tidak akan terlalu monoton, karena aspek yang dapat di teliti sangat lah banyak.

Dalam penyusunan skripsi prestasi belajar, yang perlu di pahami antara lain :

  • Pendahuluan

Dalam bab pendahuluan ini, seorang mahasiswa akan memberikan gagasan awal mengenai kondisi awal, latar belakang, manfaat, dan sebagai nya yang berhubungan dengan alasan pemilihan topik prestasi belajar.

  • Isi

Dalam bab isi, seorang calon sarjana akan memberikan penjelasan mengenai hasil dari penelitian nya.

  • Penutup

Dalam bab ini mahasiswa tersebut akan memberikan kesimpulan dari penelitian nya dan akan memberikan saran mengenai prestasi belajar seorang pelajar.

Hasil Penelitian Skripsi Prestasi Belajar

Dalam menulis kan suatu skripsi pasti nya akan di dapat suatu hasil. Data yang di dapat dapat di pakai sebagai referensi dalam meningkatkan prestasi belajar. Contoh nya adalah suatu hasil penelitian skripsi prestasi belajar seorang siswa yang berada di salah satu PTS yang ada di Bandung. Dalam penelitian nya, di dapat beberapa kesimpulan antara lain :

Dalam skripsi ini di dapat hasil yang menunjukkan bahwa seorang mahasiswa yang sering memakai waktu nya untuk ke perpustakaan memiliki nilai IPK yang lebih baik. Namun walaupun sering ke perpustakaan masih ada juga mahasiswa yang mendapat nilai yang kurang memuaskan.

Alasan walaupun sering membaca namun IPK nya masih rendah antara lain :

  • Mahasiswa membaca buku yang tidak sesuai dengan mata kuliahnya.
  • Mahasiswa tersebut tidak dapat berkonsentrasi dalam membaca yang akibat nya ia tidak dapat mengambil inti sari nya.
  • Mahasiswa tersebut tidak sungguh – sungguh dalam membaca.
  • Mahasiswa itu membaca dengan tidak efisien

Namun, walaupun skripsi ini di tulis dengan susah payah, faktanya kebanyakan dari skripsi itu menjadi suatu tumpukan yang kurang berguna di lemari – lemari ruang dosen ataupun perpustakaan. Padahal skripsi ini merupakan hasil kerja keras seorang mahasiswa dalam melakukan suatu penelitian dan mendapat kesimpulan serta saran untuk orang – orang yang memerlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *