ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Al Muslim

February 19, 2014 | UAN

SMA Al Muslim merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Al Muslim, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 

  1. 1. Profil sekolah

Untuk menjadi pemimpin profesional dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. kebutuhan pemimpin yang berkualitas yang bekerja dengan aqidah agama merupakan keinginan dan dambaan umat. Beban dan tantangan ini harus diawali dengan reformasi pendidikan.

 

Kurikulum tidak harus seluruhnya ditentukan secara nasional oleh departemen seperti yang berlaku saat ini. Kurikulum formal Dept. Pendidikan Nasional dimodifikasi melalui substitusi integral dengan agama, dan ciri khas kurikulum lembaga Pendidikan Al Muslim, menjadi bagian dari tugas pengelola.

 

Setiap jenjang pendidikan di Al Muslim yaitu : Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki ciri khas spesifik yaitu Full Day School & Leadership.

 

Melalui ciri khas spesifik inilah Lembaga pendidikan membina anak menjadi unggul di bidang Iptek, menuju perilaku anak sholeh, sebagai tanggung jawab diri untuk menjadi pemimpin (Leader). Menciptakan SDM berkualitas yang mampu menjadi khalifah di setiap jenjang umur dan pendidikan, sulit terwujud kecuali dapat dilakukan melalui pembinaan pendidikan sejak dini yang berkelanjutan.

 

Untuk mencapai target yang diharapkan, yayasan sebagai penyelenggara tunggal pendidikan dan Kepala Sekolah beserta staf sebagai pengelola pendidikan berpacu dengan waktu untuk memenuhi tanggung jawabnya.

 

Bersumber dari kesadaran, idealisme, dan semangat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan Islam yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan berakhlak mulia, maka pada tahun 2010 Lembaga pendidikan Al Muslim membuka program SMA.

 

  1. 2. Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu engembangkan potensi siswa sebagai khalifatullah fi ardh yang berprestasi IMTAQ dan IPTEK. Mengoptimalkan potensi sekolah untuk menjadikan siswa sebagai insan yang mampu menjadi khalifatullah fi ardh rahmatan lil alamin yang berwawasan imtaq dan iptek, dengan penjabaran sebagai berikut:

 

– Menanamkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui penanaman akhlak yang khalifatullah fil ardh rahmatan lil alamin.

– Meningkatkan kemampuan akademik siswa melalui pengembangan penguasaan pengetahuan dan keterampilan.

– Meningkatkan kesadaran peserta didik sebagai manusia sosial yang peduli dan berinteraksi aktif dengan lingkungannya.

– Mewujudkan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi seluruh civitas akademika sekolah.

– Membentuk kepribadian utuh dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

– Mengembangkan potensi dasar dan seni bakat dan minat siswa.

– Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengunakan dan mengembangkan teknologi terutama dalam bidang ICT.

 


Related For SMA Al Muslim