SMA Kristen Barana

hqdefault

SMA Kristen Barana

SMA Kristen Barana merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Kristen Barana, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Barana’ adalah nama sebuah desa di Toraja yang mempunyai peranan penting dalam pengembangan kepemipinan gereja dan masyarakat Toraja. Tempat ini dipilih oleh utusan zending Gereformeerde ZendingBond (GZB) menjadi rumah kediaman Pdt. J. Belksma yang tiba di Tana Toraja pada tahun 1916.

Oleh pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan menetapkan sebagai sekolah unggulan Sekolah pendidikan Guru (SPG) Kristen yang semula menempati Asrama Elim Rantepao, dipindahkan ke Barana’, menempati bangunan yang sampai sekarang digunakan oleh SMA Kristen Barana’. Sejak 1 Januari 1993 terjadi pengalihan dari SPG Kristen ke SMA Kristen. Atas kerjasama Yayasan Pendidikan Kristen Toraja (YPKT) dengan Majelis Pendidikan Pusat Kristen (MPPK), SMA Krisren Barana’ dijadikan salah satu model untuk kawasan Indonesia Timur. Dalam kongres MPPK XI di Tondano Manado menetapkan sejumlah paket-paket sekolah model di Indonesia antara lain paket untuk Pendidikan Kristen yang dikelola MPPK/PGI bersama YPKT/BPS, adalah SD V Rantepao yang baru tahap persiapan, SMP Kristen Pasele Rantepao yang juga baru tahap perintisan menuju pengembangan. Sementara itu, SMU Kristen Barana’ sudah harus dilaksanakan.

Kemudian Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan menetapkan SMA Kristen Barana’ sebagai salah satu Sekolah Unggulan pada tahun 2006 dengan SK Mentri Pendidikan Nasional No. 802.a/C4/MN2006 SMA Kristen Barana’ diproyeksikan menjadi salah satu Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dari 100 sekolah yang ada di Indonesia.

SMA Kristen Barana’ telah menjadi genarasi tradisi Barana’ sebagai tempat didik pemimpin Gereja dan masyarakat. Dalam bahasa Toraja, ” Barana’ ” berarti pohon beringin yang menjadi lambang persatuan dan kepemimpinan yang mengayomi masyarakat. Pemimpin seperti itulah yang diharapkan muncul dari SMA Kristen Barana’.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki SMA Kristen Barana, yaitu Being excellent in knowledge and work grounded on Faith and Piety. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Creating the quality of teaching and learning processes.
  • Growing and developing a familiar sense of togetherness.
  • Providing comfort to parents, enhancing students and their welfare.
  • Growing and keeping the principles on the typical characteristic of Christian School.
  • Growing sense of belonging towards school in order to get the sense of being called to empower and take care of the school’s assets.