ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Nasional Makassar

September 3, 2016 | Info pendidikan

294370_1710214253647_1786832733_1113293_391750_n

SMA Nasional Makassar

SMA Nasional Makassar merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Nasional Makassar ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Nasional Makassar, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Para pelajar hampir setiap hari berkumpul di rumah Dr. Ratulangi, di situlah tercetus ide untuk mendirikan sekolah nasional sendiri. Setelah dikonsultasikan dengan para pimpinan perjuangan antara lain Dr. Ratulangi, Lanto Daeng Pasewang, Sam, Mr. Zainal Abidin, Siranamuel, Saelan,    Mr. Tadjudin Nur cs, semuanya setuju. Karena kebanyakan pelajar adalah pelajar sekolah menengah pertama maka dibentuk dan didirikan Sekolah Menengah Pertama Nasional pada tanggal 8 Oktober 1945. Pimpinan langsung oleh Dr. Ratulangi, Gubernur Sulawesi pertama, guru-gurunya adalah para pimpinan Republikein sehingga SMP Nasional dijuluki sekolah perjuangan. Gedung sekolah sementara meminjam dan menumpang pada gedung Perguruan Islam di Jl., Datu Museng, dimulai dengan SMP kelas III dengan jumlah murid sekitar 15 orang. Pada akhir tahun 1945, SMP Nasional pindah ke Jl. Ratulangi (sekarang rumah kediaman keluarga Andi Mattalatta)

Tanah yang ditempati Perguruan Nasional Makassar adalah tanah negara (pemerintah Belanda)  dan merupakan sebahagian dari tanah yang ditempati Stadion Mattoangin dan sarana-sarana olahraga yang berada di dalamnya.

Setelah 4 (empat) tahun kemudian, yaitu pada tahun 1956 tanah seluas 20 Ha itu barulah dapat dibebaskan oleh Bapak H.A. Mattalatta yang pada waktu itu menjabat sebagai Wakil Panglima/Komandan Basis Komando Daerah Pertempuran Sulawesi Selatan Tenggara (KDPSST), dan membeli rumah batu di pinggir Jl. Sambung Jawa-Weg (sekarang Jl. Cendrawasih) yang dijadikan satu pos keamanan, sehingga kompleks sarana olah raga Mattoanging aman/bebas dari serobotan.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Nasional Makassar, yaitu Mewujudkan Perguruan  Nasional sebagai Lembaga Pendidikan yang bertaraf nasional, professional dan semangat patriotik, mencetak SDM yang bermutu, bermoral, cerdas, terampil, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara misi yang hendak dicapai adalah Pengembangan kepribadian yang bertumpuh pada nilai-nilai juang 1945, nilai agama, sosial, budaya sesuai dengan kepribadian bangsa, melalui jalur pendidikan dari jenjang SD, SMP, SMA dan sekolah kejuruan bahkan ke tingkat pendidikan tinggi sesuai kemampuan sumber dana yang tersedia.

Tujuan didirikannya sekolah ini secara umum adalah ;

  • Memanusiakan manusia dalam wujud peningkatan SDM yang professional yang berahklakulkarima
  • Memelihara & mengembangan budaya bangsa yang bersendikan Pancasila & UUD 1945
  • Berpartisipasi secara aktif membantu Pemerintah dalam mengembangkan dan memeratakan. pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya

Related For SMA Nasional Makassar