SMA Negeri 1 Baturetno

SMA Negeri 1 Baturetno

SMA Negeri 1 Baturetno merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Baturetno, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pada saat dibuka, SMA Negeri Baturetno baru menerima 3 kelas. Sekolah belum memiliki gedung sendiri, oleh karena itu proses belajar dan mengajar berlangsung dengan meminjam gedung SMK (dulu SMEA) Tri Dharma Baturetno sore hari. Pada waktu itu juga belum memiliki guru dan karyawan tetap atau negeri, maka untuk sementara dibantu oleh beberapa orang guru SMA Negeri 1 Wonogiri. Diantara guru-guru dan karyawan SMA Negeri 1 Wonogiri yang diperbantukan di SMA Negeri Baturetno karena berdomisili di Baturetno akhirnya ditetapkan menjadi guru SMA Negeri Baturetno. Mereka itu adalah H.M. Dalyono, BA, guru Bahasa Indonesia, Asri Kasetyaningsih, guru Ekonomi, dan Sukarmi, karyawan.

Sekolah mulai menggunakan gedung sendiri yang dibangun di sebelah timur jalan raya antara Solo – Pacitan, tepatnya di Desa Watuagung pada tahun 1984 sejak diresmikan penggunaannya oleh Menteri P dan K pada waktu itu, Prof. Nugroho Notosusanto. Fasilitas fisik gedung sekolah baru terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang KS dengan toilet, 1 ruang Tata Usaha dengan KM/WC, 1 ruang BP, 1 ruang Laboratorium dan 1 ruang Guru.

Pada November 2012 jabatan kepala sekolah yang semula dijabat oleh Drs. Budi Santosa M.Pd digantikan oleh Ibu Dra. Yuli Bangun Nursanti M. Pd sampai sekarang. Semula Ibu Dra. Yuli Bangun Nursanti M. Pd adalah kepala sekolah di SMA N 1 Slogohimo. Saat ini banyak pembangunan yang sedang dilakukan oleh Beliau, dan mulai tahun pelajaran 2013/2014 SMA Negeri 1 Baturetno membuka kelas Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa untuk kelas X.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Terwujudnya Sekolah Efektif Berbasis Imtak Dan Iptek Berwawasan Lingkungan Dan Kebangsaan Serta Bercakrawala Global Dalam Bingkai Budaya Nasional. Sementara misinya :

  • Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kedisiplinan Dan Kepemimpinan Melalui Kegiatan Kesiswaan (Osis) Dan Ekstrakurikuler, Kegiatan Keagamaan, Dan Kegiatan Lain Yang Berakar Budaya Bangsa.
  • Mengembangkan Kemampuan Akademik Seoptimal Mungkin Dengan Menerapkan Dan Mengembangkan Kurikulum Yang Berlaku Baik Lokal Maupun Nasional  Serta  Mengakses Kurikulum Internasional.
  • Mengembangkan Sikap Kompetitif Yang Sportif, Motivasi Berprestasi, Dengan Mengedepankan Semangat Kekeluargaan Dan Kebersamaan.
  • Menanamkan Nilai-Nilai Keteladanan Dan Budi Pekerti Luhur Melalui Pengembangan Dan Pembiasaan Kultur Sekolah Sesuai Dengan Norma Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, Dan Kebangsaan.