ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Bulagi

September 3, 2016 | Info pendidikan

foto-bela-blog1

SMA Negeri 1 Bulagi

SMA Negeri I Bulagi merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri I Bulagi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis  serta bertanggung jawab.

Di Banggai Kepulauan khususnya Kecamatan Bulagi terdapat anak-anak pelajar yang memiliki potensi, bakat dan prestasi yang tinggi yang tersebar di seluruh pelosok desa dan perlu untuk diberikan pelayanan khusus oleh para guru, pembimbing dan pelatih yang memadai. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan kebutuhan, dan kepentingan peserta didik.

Didirikan pada tahun 1997 berdasarkan SK MENDIKBUD Republik Indonesia di Negerikan pada tahun 1998. Pada tahun 2010 SMA Negeri I Bulagi di tunjuk Sebagai Rintisan Sekolah Standar Nasional Pada Tahun 2011 SMA Negeri I Bulagi Menjadi Sekolah Kategori Mandiri ( memasuki tahap III ). Dari   11  Rombongan Belajar, pada kelas XI Peserta Didik Memilih Jurusan. Adapun Jurusan-jurusan yang tersedia meliputi Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu Bahasa. Dalam perkembangannya Sekolah ini telah dipimpin oleh :

  • Simron Maitano, S.Pd (Pelaksana) Tahun (1997-1998)
  • Ipsan Mangais (Koordinator ) Tahun (1998-2000)
  • Kasim B. Moti Tahun (2000-2002)
  • Yarun Tuloy Tahun (2002-2009)
  • Rasmon Baideng, S.Pd Tahun (2009-Sekarang)

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri I Bulagi, yaitu “Unggul dalam Iptek, Berprestasi, Terdidik, Berbudaya Dilandasi IMTAQ”. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Melaksanakan PAIKEM.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan sesuai minat dan bakat pada seluruh warga sekolah. Meningkatkan ketaqwaan, dengan mengintensifkan kegiatan keagamaan, memelihara kerukunan antar umat beragama.
  • Meningkatkan sarana, prasarana, serta tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  • Meningkatkan prestasi Olimpiade Science, Olahraga dan seni.
  • Mengoptimalkan minat baca pada warga sekolah dalam rangka perluasan wawasan pendidikan dan kebangsaan.
  • Terciptanya peserta didik yang mencintai wawasan kelautan.

Sementara tujuan umum didirikannya sekolah ini adalah Terlaksananya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan dan Terciptanya kerukunan antar umat beragama bagi warga sekolah serta Tersedianya sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar yang memadai sehingga memiliki daya dukung yang optimal terhadap terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.


Related For SMA Negeri 1 Bulagi