ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Bunyu

September 2, 2016 | Info pendidikan

B-16

SMA Negeri 1 Bunyu

SMA Negeri 1 Bunyu merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Bunyu ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Bunyu, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 1 Bunyu merupakan satu-satunya SMA Negeri yang ada di Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan. SMA Negeri 1 Bunyu berdiri sejak tahun 2003 dengan nama SMUN 1 BUNYU dan menerima peserta didik baru pada tahun pelajaran 2003/2004. Di awal berdirinya SMA Negeri 1 Bunyu, Dinas Pendidikan Kebupaten Bulungan memberi kepercayaan kepada Drs. Ambolao (PNS/Guru SMP Negeri 1 Bunyu) sebagai pejabat kepala sekolah sementara untuk melakukan pengelolaan awal dengan dibantu oleh 3 orang Guru yang diberi Nota Dinas di SMU Negeri 1 Bunyu, yaitu Didik Sukanto, S.Pd. (PNS/Guru SMP Negeri 1 Bunyu), Ali Mashudi, S.Pd. (CPNS/Guru SMP Negeri 12 Selimau), dan Dra. Dahriah (CPNS/Guru SMP Negeri 1 Bunyu) melaksanakan Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun Pelajaran 2003/2004 dengan tempat pendaftaran di SMP Negeri 1 Bunyu. Hal ini dikarenakan bangunan SMA Negeri 1 Bunyu masih dalam tahap penyelesaian dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan PSB di lokasi bangunan SMA Negeri 1 Bunyu yang tepatnya berada di daerah Jl. Manunggal RT. 11 Kampung Bugis, Bunyu Barat.

Pada tahun pelajaran 2004/2005 SMA Patra Dharma digabungkan dengan SMA Negeri 1 Bunyu yang selanjutnya secara keseluruhan namanya menjadi SMA Negeri 1 Bunyu. Semenjak Tahun Pelajaran 2004/2005, SMA Negeri 1 Bunyu mempunyai 2 lokasi tempat proses pembelajaran yaitu (1) Lokal 1 berada di Jl. Tanjung Handasa, Bunyu Timur yang terdiri dari 9 ruang kelas belajar dan pusat perkantoran SMA Negeri 1 Bunyu dan (2) Lokal 2 di Jl. Manunggal RT. 11 Bunyu Barat terdiri dari 3 ruang kelas belajar ditambah dengan 3 ruang kelas belajar yang masih dalam proses penyelesaian.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Bunyu, yaitu  “Menuju Peserta Didik Yang Beriman, Santun, Berakhlak Mulia, Bermartabat, dan Berprestasi yang Berwawasan Wiyata Mandala dengan dilandasi Kejujuran dan Tanggung Jawab.” Sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan prestasi akademik lulusan;
  • Meningkatkan prestasi akademik pada kegiatan olmpiade;
  • Membentuk peserta didik yang santun, berakhlak mulia, bermartabat, dan berbudi pekerti luhur serta jujur dan bertanggung jawab;
  • Meningkatkan prestasi ekstra kurikuler;
  • Menumbuhkan minat baca;
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris;
  • Meningkatkan wawasan wiyata mandala;

Related For SMA Negeri 1 Bunyu