SMA Negeri 1 Mangunjaya

SMA Negeri 1 Mangunjaya

SMA Negeri 1 Mangunjaya merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Mangunjaya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 1 Mangunjaya berdiri pada tahun 1998 berdasarkan SK Mendikbud Nomor 107/O/1997 tanggal 16 Mei 1997. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah unit gedung baru (UGB) yang sebelumnya bernama SMA N 1 Padaherang karena padam saat itu terletak di Wilayah Kecamatan Padaherang. Berdasarkan SK Bupati No. 421/Kpts.6-HUK/2005 tanggal 7 Pebruari 2005, SMA N 1 Padaherang berganti nama menjadi SMA N 1 Mangunjaya karena wilayah kecamatan Padaherang dipecah menjadi dua yaitu Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Mangunjaya.

SMA Mangunjaya terletak di Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Ciamis, tepatnya 7,5 kilometer sebelah timur Kota Padaherang. Lingkungan di sekitar sekolah cukup menunjang, karena sekolah dikelilingi permukiman penduduk yang masih relatif jarang, berdekatan dengan Kantor Desa Mangunjaya, Puskesmas, SMP 1 Mangunjaya dan beberapa sekolah dasar.

Letaknya yang tepat berada di pinggiran jalan raya dan di daerah batas Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah memberi dampak positif dan negatif tersendiri bagi sekolah sebagai wahana pendidikan. Di satu sisi hal itu sangat memudahkan bagi segenap warga sekolah baik dari Provinsi Jawa Tengah untuk mencapai lokasi sekolah, di sisi lain hal itu menjadi bagian dari peta kerawanan karena memudahkan para siswa untuk bersinggungan dengan kultur sosial budaya yang berbeda.

Berdiri di tengah lahan seluas 9.100 m2, SMA Negeri 1 Mangunjaya berkembang menjadi sekolah tipe B yang paripurna dan memiliki daya dukung terhadap lingkungan sebagai sekolah yang berada di kawasan pinggiran Wilayah Kabupaten Ciamis. Dalam menuju kondisi itu, SMA Negeri 1 Mangunjaya telah memperlihatkan berbagai prestasi yang dapat di banggakan, paling tidak dapat dijadikan tumpuan harapan akan tercapainya tujuan tersebut.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Menuju peserta didik berprestasi, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu memelihara budaya bangsa, dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara misinya :

  • Menumbuhkembangkan intelektualitas dan akhlak peserta didik.
  • Meningkatkan prestrasi akademik dan nonakademik peserta didik.
  • Menumbuhkembangkan kinerja, kesadaran dan tanggung jawab moral tenaga pendidik sebagai pengajar dan figur teladan.
  • Menumbuhkembangkan kinerja tenaga kependidikan untuk tercapainya layanan yang optimal.
  • Mengadakan dan meningkatkan sarana prasarana pendidikan untuk mencapai layanan yang optimal.