ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Nganjuk

August 1, 2016 | Beasiswa

SMA Negeri 1 Nganjuk

SMA Negeri 1 Nganjuk merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Sejarah singkat

Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 1 Nganjuk, merupakan sekolah menengah tingkat atas, yang merupakan kelanjutan dari SMA NEGERI NGANJUK oleh karena kebijakan di bidang pendidikan menengah pada tahun 1975 telah ditutup dan diganti dengan Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan ( SMPP ) Nganjuk.

Setelah berjalan kurang lebih 5 (lima tahun) berdasar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0206/O/1980, tanggal 30 Juli 1980 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Departemen P & K Soetanto Wirjoprasonto dibukalah kembali Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) Negeri Nganjuk pada Juli tahun 1980, yang pada awal angkatan pertama keberadaannya menjadi satu di gedung sekolah SMPP Nganjuk di Jl . Jendral Ahmad Yani desa Ploso Nganjuk.

Karena lembaga pendidikan yang ada antara SMPP dan SMA masih menjadi satu atap, maka oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk SMA Negeri Nganjuk, sebagai lembaga baru dibuatkanlah bangunan gedung baru di wilayah desa Cangkringan Kecamatan kota Nganjuk, secara bertahan bangunan gedung / lokal di lengkapi, dari bangunan tahap pertama 5 (lima) local, dan pada 4 Januari 1982 SMA Negeri 1 Nganjuk menempati bangunan dan lokal yang baru, yang dikenal dengan peristiwa boyongan.

Disamping prasarana didukung pula oleh kegiatan kesiswaan / OSIS dengan 14 macam ekstra kurikuler, telah menjadi salah satu pionir dalam kejuaraan lomba-lomba olah raga, seni dan budaya serta sering membawa siswa dipuncak prestasi bidang sains akademi dan olimpiade, baik juara satu tingkat Kabupaten, finalis tingkat propinsi dan mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu ” Menuju prestasi yang berbudaya dengan IPTEKS dan IMTAQ ” SMA Negeri 1 Nganjuk dalam mewujudkan visi sekolah, merumuskan misinya dalam bentuk layanan sebagai berikut :

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektip, sehingga setiap siswa mampu berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  • Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
  • Menumbuhkan semangat penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga potensi dirinya, sehingga menjadi kearifan dalam bertindak.
  • Menerapkan managemen partisipatif dengan melibatkan warga sekolah dan stake holder ( semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah )
  • Bisa mandiri, mengembangkan diri menuju kemampuan profesi menguasai bidang pekerjaan yang dicita-citakan.

Related For SMA Negeri 1 Nganjuk