ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Nglames

August 1, 2016 | Info pendidikan

IMG_5491

SMA Negeri 1 Nglames

SMA Negeri 1 Nglames merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Nglames, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun berdiri berdasarkan Sk Mendikbud RI N0. 1743 / 1983, tanggal 9 November 1983. Pada tahun pertama pengelolaan sekolah di bawah naungan SMA Negeri 1 Mejayan / Caruban dan menempati ruangan sementara di SD Negeri 1 Tiron, Nglames Kabupaten Madiun.

Berdirinya SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun yang ada di wilayah Madiun bagian utara ini , dilatar belakangi kondisi masyarakat setempat, diantaranya :

  • Terbatasnya Lembaga Pendidikan Tingkat SLTA di wilayah Madiun bagian utara, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.
  • Semakin bertambahnya lulusan SLTP di wilayah ini sehingga memerlukan pengembangan lembaga pendidikan tingkat atasnya.
  • Kebutuhan terhadap pendidikan yang lebih tinggi pada masyarakat di wilayah ini yang semakin meningkat, sehingga perlu didukung.

Dari kondisi tersebut di atas dan sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional kita mencerdaskan kehidupan berbangsa, maka berdiri SMA Negeri 1 Nglames Kab. Madiun ini. Perkembangan SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun selanjutnya ditentukan oleh para pemimpin sekolah ini yang sudah dimulai dari pengelola pertama Bpk. Soesanto, B.A (Alm) sebagai pemimpin sementara sampai sekarang dibawah pimpinan Drs. NYONO, M.Pd.

Hingga saat ini prestasi yang diperoleh siswa-siswi SMAN 1 Nglames Kab. Madiun telah mencapai tingkat regional, maupun nasional di bidang Intra maupun extra kurikuler.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Nglames, yaitu Unggul Dalam Iptek, Tangguh Dalam Imtaq Berwawasan Lingkungan. Sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut ini :

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang optimal sesuai profesi yang dimiliki.
  • Menumbuhkan penghayatan terhadap nilai agama, budaya dan hukum sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  • Mendorong tumbuhnya semangat kualitas dan kompetisi yang sehat kepada seluruh warga sekolah secaraa intensif.
  • Menerapkan management partisipatf dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stake holder sekolah.

Tujuan sekolah secara umum adalah :

  • Memiliki kurikulum dan komponen pendukung yang memadai.
  • Peningkatan Prestasi Hasil belajar siswa baik akademik maupun non akademik.
  • Peningkatan Kompetensi Guru dan tenaga kependidikan secara individu atau kelompok(lembaga) untuk menuju Sekolah Standart Nasional
  • Peningkatan Kualitas dan kwantitas sarana dan prasarana pembelajaran khususnya Pembelajaran Berbasis ICT

Related For SMA Negeri 1 Nglames