SMA Negeri 1 Pakong

ByipnHLCQAAkysP

SMA Negeri 1 Pakong

SMA Negeri 1 Pakong merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Pakong, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 1 Pakong berdiri pada tanggal 5 Mei 1992 berdasarkan SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 0216/0/1992 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1991/1992. SMA Negeri 1 Pakong terletak di tanah seluas 12.619 m2 ( denah terlampir ).

Prestasi yang diraih oleh para siswa SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan merupakan hasil kerja keras semua pihak. Hasil yang telah dicapai dengan baik harus dipelihara, ditingkatkan, dan disempurnakan, sedangkan yang masih kurang harus dikaji kekurangannya dan mencari alternatif pemecahannya. Dengan demikian di masa depan keberadaan SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan di tingkat kota, propinsi, dan tingkat nasional akan diperhitungkan.

Mengingat besarnya potensi siswa untuk meraih kejuaraan dalam lomba dan pertandingan, maka perlu penanganan yang lebih intensif. Misalnya dengan melakukan persiapan yang lebih baik berupa pembinaan, dan pelatihan. Namun demikian tidak semua undangan mengikuti lomba harus dipenuhi mengingat keterbatasan yang ada, terutama menyangkut ketersediaan dana. Di samping itu perlu dipikirkan jangan sampai keikutsertaan dalam berbagai lomba/pertandingan justru menghambat tugas utama di bidang akademis.

Perlu dipikirkan kemungkinan dibentuknya kelompok diskusi untuk mempertajam kepekaan para siswa dalam masalah-masalah aktual di lingkungannya. Bila perlu dengan mengundang nara sumber dari luar. Bagaimana mencari dan menemukan masalah serta memberikan alternatif solusinya. Dengan langkah ini diharapkan nantinya para siswa akan lebih peduli dan memiliki komitmen untuk ikut memikirkan cara-cara memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa.

Sarana dan prasarana

Guna mendukung Kegiatan Belajar Mengajar SMA Negeri 1 Pakong telah berupaya melengkapi fasilitas pendukung KBM yang diantaranya adalah :

  • Kelas X sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 140 orang, dengan rata-rata perkelas sebanyak 47 orang perkelas.
  • Kelas XI sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 107 orang, dengan rata-rata perkelas sebanyak 36 orang perkelas.
  • Kelas XII sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 92 orang, dengan rata-rata perkelas sebanyak 46 orang perkelas.

SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan sampai saat ini tidak memiliki Laboratorium, sehingga untuk praktikum harus dibawa ke ruang kelas. Untuk waktu dekat ini sangat diperlukan ruang laboratorium yaitu Laboratorium IPA, Bahasa, IPS dan Komputer.