ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Parepare

September 3, 2016 | Info pendidikan

maxresdefault (1)

SMA Negeri 1 Parepare

SMA Negeri 1 Parepare merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Parepare ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Parepare, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pada awalnya di Kota Parepare terdapat dua sekolah lanjutan, yaitu “Sekolah Menengah” disingkat S.M. dan ”Midlebare School” yang disingkat M.S. Kedua sekolah ini didirikan oleh Pemerintah NIT pada tahun 1947 dengan waktu belajar selama 4 (empat) tahun. Guru-guru yang mengajar pada sekolah tersebut berasal dari Belanda dan guru-guru Indonesia seperti M. Said, Radjabahu, dan Abdul Kadir.

Pada tahun 1950, menjelang terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia orang-orang Belanda yang mengajar di sekolah tersebut meninggalkan Kota Parepare, sehingga terjadi kekosongan pengajar. Keadaan ini menggugah hati orang-orang cerdik pandai yang sementara bertugas di Kota Parepare, seperti Rompas, Dr. Soeparto dan Nyonya, A. A. Hadju, Kapten Moeljono untuk membentuk satu kelas persiapan S.M.A. yang pelajarnya berasal dari kelas tertinggi S.M. dan M.S. dengan sistem pengajaran yang disesuaikan dengan sistem yang berlaku di Pulau Jawa.

Pada tanggal 21 Juli 1953, dimulailah pembangunan gedung dan asrama sehingga SMA Negeri 154 Parepare semakin nampak dan berkembang fisik maupun jumlah siswa. Sejak tahun 1977, seiring berkembangnya jumlah sekolah menengah di Kota Parepare maka SMA Negeri 154 Parepare berubah menjadi SMA Negeri 1 Parepare dan melekat hingga saat ini.

Sebagai salah satu SMA favorit di Kota Parepare bahkan di wilayah Ajatappareng maka SMA Negeri 1 Parepare menjadi idola dari siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah atas. Dari sekian ribu alumni yang telah dicetak SMA Negeri 1 Parepare maka beberapa diantaranya telah menduduki berbagai jenis pekerjaan, baik yang berada ditingkat pemerintahan hingga swasta, termasuk yang telah menjadi menteri, rektor, dan sebagainya.

Dan seiring dengan tuntutan peningkatan mutu pendidikan maka SMA Negeri 1 Parepare senantiasa membenahi diri, terutama dalam memenuhi keterlaksanaan delapan standar nasional.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki SMA Negeri 1 Parepare, yaitu Menjadi sekolah unggul dalam mutu yang berlandaskan iman dan taqwa serta berwawasan teknologi informasi dengan tetap berpijak pada budaya bangsa. sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif
  • Mendorong dan membantu guru untuk berkreasi
  • Menerapkan sistem manajemen berbasis sekolah dan partisipasi seluruh stakeholder sekolah
  • Menerapkan sistem belajar tuntas (mastery learning)
  • Mengakomodasikan kecakapan hidup (life skill)
  • Mengembangkan kompetensi dasar siswa secara seimbang antara ranah kognitif, efektif, psikomotor

Related For SMA Negeri 1 Parepare